Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Taiwan Gelar Latihan Militer Gabungan 'Han Kuang', Libatkan 8.000 Personel

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 16 Juli 2020, 12:28 WIB
Taiwan Gelar Latihan Militer Gabungan 'Han Kuang', Libatkan 8.000 Personel
Sebuah kapal perang meluncurkan rudal Harpoon buatan AS selama latihan militer "Han Kuang" /Net
Taiwan menggelar latihan gabungan tahunan yang disebut dengan "Han Kuang" yang artinya kemenangan Han. Latihan untuk tahun ini menjadi semakin penting karena membawa tekad yang kuat untuk mempertahankan wilayah dari situasi kawasan yang semakin panas.

Latihan tersebut digelar di jalur pantai dekat Taichung, Taiwan bagian tengah, Kamis (16/7). Mengerahkan sekitar 8.000 personel, sejumlah jet tempur F-16, alutsista buatan dalam negeri, hingga tank-tank yang melintasi semak belukar, menembakkan peluru untuk menghancurkan sasaran di pantai.

"Latihan Han Kuang adalah acara tahunan utama bagi angkatan bersenjata, yang mengevaluasi pengembangan kemampuan tempur. Terlebih lagi, ini memungkinkan dunia melihat tekad dan upaya kita untuk mempertahankan wilayah," ujar Tsai yang menyaksikan latihan tersebut secara langsung.

"Seperti yang saya katakan, keamanan nasional tidak bergantung pada membungkuk dan mengikis, tetapi pada pertahanan nasional yang solid. Semua perwira dan tentara adalah inti dari itu," tambahnya, seperti dikutip Reuters.

Upaya Taiwan untuk mempertahankan wilayahnya secara terang-terangan ditujukan kepada China. Beijing selama ini memang menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya.

Meski Taiwan memiliki militer yang baik dan sebagian besar alutsistanya diimpor dari Amerika Serikat (AS), China memiliki keunggulan yang lebih. Sumber daya manusia, pealatan canggih, hingga rudal balistik dengan teknologi terbaru dimiliki China.

Beberapa waktu terakhir, China sendiri telah meningkatkan tekanannya pada Taiwan. Terutama setelah Tsai dari Partai Progresif Demokratik memenangkan pemilihan umum untuk periode keduanya pada Januari.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA