Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sikap Indonesia Terkait Isu Palestina, Menlu Retno: We Walk The Talk

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Kamis, 16 Juli 2020, 22:40 WIB
Sikap Indonesia Terkait Isu Palestina, Menlu Retno: <i>We Walk The Talk</i>
Menlu Retno Marsudi menjelaskan bahwa Indonesia bukan hanya memberikan bantuan politik, tapi juga keuangan dan mendorong kemandirian ekonomi bagi Palestina/Ilustrasi RMOL
rmol news logo Indonesia mengambil peranan penting dalam membantu Palestina terkait sejumlah isu yang dihadapi.

Bukan hanya galak di ranah internasional soal perampasan hak bangsa Palestina oleh Israel, Indonesia juga tidak segan untuk mengulurkan tangan kepada Palestina dalam bentuk bantuan kemanusiaan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam webinar internasional bertajuk "Stop Israel's Imprealism" yang digelar Kamis sore (16/7).

Baru-baru ini, jelas Retno, Indonesia menggelontorkan dana kepada pemerintah Palestina dan badan PBB untuk urusan pengungsi Palestina (UNRWA), masing-masing sebesar 1 juta dolar AS. Bukan hanya itu, Indonesia juga menggelontorkan dana bagi Palang Merah Internasional (OCRC) sebesar 500 ribu dolar AS.

"Ini membuktikan bahwa Indonesia bukan hanya memberikan dukungan politik, tapi juga keuangan dan bentuk dukungan lainnya, termasuk pemberian pengembangan kapasitas bagi Palestina," jelasnya.

Bukan hanya bantuan dana, Indonesia juga membantu bangsa Palestina dalam hal pengembangan kapasitas sendiri. Selama satu dekade terakhir, Indonesia telah mengucurkan dana lebih dari 8 juta dolar AS untuk menggelar sekitar 170 pelatihan bagi lebih dari 2.000 warga Palestina.

Sedangkan dalam hal kemandirian ekonomi, Indonesia mengeluarkan kebijakan bebas pajak sebesar nol persen bagi produk unggulan Palestina, yakni kurma dan buah zaitun.

"Intinya, we walk the talk (berbuat sesuai dengan perkataan)," demikian Retno. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA