Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tidak Becus Urus Perbatasan Hingga Pecah Perang Dengan Armenia, Presiden Azerbaijan Pecat Menlu Mammadyarov

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 17 Juli 2020, 15:16 WIB
Tidak Becus Urus Perbatasan Hingga Pecah Perang Dengan Armenia, Presiden Azerbaijan Pecat Menlu Mammadyarov
Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev/Net
rmol news logo Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev memecat Menteri Luar Negeri Elmar Mammadyarov pada hari Kamis (16/7). Pemecatan itu diumumkan lewat pernyataan resminya pada situs resmi presiden, di tengah penyelidikan atas bentrokan yang terjadi di perbatasan dengan pasukan Armenia.

Mammadyarov telah menjabat sebagai menteri luar negeri Azerbaijan sejak 2 April 2004.

Aliyev sebelumnya mengkritik pekerjaan Mammadyarov yang dilakukan akhir-akhir ini sebagai menteri luar negeri. Kritik itu pun meledak ketika perang dengan Armenia di perbatasan Tavush tidak bisa dihindarkan.  

"Saya pikir kegiatan diplomatik kita bisa lebih produktif. Saya telah mengatakan dalam banyak kesempatan bahwa diplomasi kita harus ofensif, daripada pasif dan defensif. Seharusnya tidak ada ruang untuk diplomasi yang takut berbicara untuk menyenangkan seseorang," kata Aliyev pada rapat bersama kabinet pada hari Rabu (15/6), yang membahas tentang perkembangan sosial ekonomi Azerbaijan pada paruh pertama tahun 2020, dikutip dari Interfax, Jumat (17/7)

Aliyev memandang Mammadyarov harusnya melakukan tugasnya lebih produktif dan lebih efisien lagi, agar para lawan tidak meremehkan posisi Azerbaijan.

Mammadyarov seharusnya bisa mencapai kesepakatan dengan Armenia mengenai konflik Nagorno-Karabakh, sehingga tidak perlu terjadi bentrokan. Sayangnya, tujuan ini masih belum tercapai, katanya.

Ketika ketegangan di perbatasan mulai meningkat, tidak ada upaya dari Mammadyarov sebagai menteri luar negeri Azerbaijan.

Bentrokan bersenjata pecah di perbatasan Armenia-Azerbaijan pada Minggu (12/7) dan pertempuran terus berlangsung selama lima hari di distrik Tavush, sebuah desa perbatasan Armenia dan Azerbaijan, yang juga berbatasan dengan Georgia. Letaknya ratusan kilometer jauhnya dari daerah yang tidak dikenal. Bagian dari Republik Nagorno-Karabakh, di mana situasinya saat ini sudah mulai terkendali.

Beberapa pos pertempuran yang terletak di dekat desa-desa di Armenia telah diserang oleh pasukan Azerbaijan.

Menurut laporan resmi Azerbaijan, 11 prajurit Azerbaijan, termasuk seorang jenderal, telah terbunuh. Sementara pasukan Armenia mengatakan empat tentaranya telah terbunuh dan dua puluh lainnya terluka.

Azerbaijan dan Armenia saling menyalahkan atas pertempuran itu.

Sebagai pengganti Mammadyarov, Aliyev menunjuk Jeyhun Bayramov yang saat ini menjabat sebagai menteri pendidikan. Bayramov dibebaskan dari tugasnya sebagai menteri pendidikan untuk fokus pada kementerian luar negeri.

Bayramov menjabat sebagai kepala staf di Departemen Pendidikan dari 30 Mei hingga 12 Agustus 2013, sebelum diangkat sebagai wakil menteri pendidikan. Dia telah mengabdi sebagai menteri pendidikan sejak 23 April 2018. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA