Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korsel Denda TikTok Terkait Pelanggaran Data Privasi, Akun Bintang K-Pop Langsung Diblokir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 17 Juli 2020, 15:53 WIB
Korsel Denda TikTok Terkait Pelanggaran Data Privasi, Akun Bintang K-Pop Langsung Diblokir
Sejumlah akun milik bintang K-Pop diblokir/Net
rmol news logo Industri K-Pop kembali masuk ke dalam perselisihan China dan Korea Selatan (Korsel). Terlihat dari hilangnya beberapa akun bintang K-Pop dari tampilan Douyin, TikTok versi China, setelah Korsel menjatuhkan denda pada aplikasi video singkat tersebut.

Dari hasil penelusuran Reuters pada Jumat (17/7), sejumlah akun milik bintang K-Pop seperti Rain, TWICE, Mamamoo, dan HyunA diblokir dari Douyin.

Tidak disebutkan alasan pemblokiran tersebut. Namun itu terjadi dua hari setelah regulator komunikasi Korsel pada Rabu (15/7) mendenda TikTok sebesar 186 juta won.

Denda ditujukan kepada TikTok karena mengumpulkan informasi pribadi anak di bawah usia 14 tahun tanpa persetujuan dari wali mereka. TikTok juga tidak mengungkap bahwa informasi pribadi dikirim ke luar negeri.

Seiring dengan pengenaan denda, TikTok juga diminta untuk melakukan langkah-langkah pencegahan sukarela dalam kurun waktu 30 hari.

Seorang pejabat Komisi Komunikasi Korea mengatakan, pihaknya akan melakukan diskusi dengan TikTok terkait masalah keamanan informasi.

Menanggapi pemblokiran akun para bintang K-Pop, jurubicara TikTok mengatakan, Douyin dan TikTok beroperasi secara independen dan akun bekerja dengan normal. Sementara pihak Douyin sendiri enggan memberikan tanggapan.

Isu data privasi sendiri sudah menjadi hal yang kerap menjerat TikTok. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo bahkan mengatakan pihaknya pasti akan melarang penggunaan aplikasi media sosial China, termasuk TikTok.

Data dari situs industri Sensor Tower menunjukkan, pada kuartal pertama 2020, China mengumpulkan 196,6 juta unduhan Douyin atau 9,7 persen dari total lebih dari 2 miliar unduhan TikTok.

Sementara itu, K-Pop sendiri bukan kali pertama masuk dalam perselisihan antara China dan Korsel. Pada 2017, China memboikot K-Pop, pariwisata dan bisnis Korsel setelah Seoul mengerahkan sistem pertahanan rudal buatan AS. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA