Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mendadak Erdogan Lakukan Kunjungan Ke Aya Sofya, Pertama Kali Setelah Menjadi Masjid

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 20 Juli 2020, 06:53 WIB
Mendadak Erdogan Lakukan Kunjungan Ke Aya Sofya, Pertama Kali Setelah Menjadi Masjid
Aya Sofya (Hagia Sophia)/Net
rmol news logo Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan melakukan kunjungan mendadak ke Aya Sofya  pada Minggu (19/7) waktu setempat. Kunjungan itu dilakukan beberapa hari menjelang shalat jamaah pertama di bangunan yang belum lama ini diresmikan kembali sebagai masjid setelah berfungsi sebagai museum selama 85 tahun.

Kantor kepresidenan Turki mengatakan, dalam kunjungan kilatnya itu  Erdogan menginspeksi isi dalam bangunan. Diyanet, otoritas agama di negara itu, mengatakan ikon-ikon Kristen akan ditutup dan tidak dinyalakan selama waktu ibadah umat Islam nanti, seperti dikutip dari AFP, Minggu (19/7).

Tidak dijelaskan apakah Erdogan akan menjadi salah satu dari sekitar 500 jamaah yang akan menghadiri shalat Jumat perdana di Aya Sofya yang akan dilaksanakan pada 24 Juli mendatang.

Pekan lalu, Pengadilan tinggi Turki telah mengeluarkan  keputusan untuk mencabut status museum bangunan yang diberikan hampir seabad lalu. Bangunan abad keenam itu telah dibuka untuk semua pengunjung, terlepas dari kepercayaan mereka, sejak diresmikan sebagai museum pada tahun 1935.

Awal pekan ini, Diyanet mengatakan, meskipun kini fungsinya telah berubah menjadi masjid, bangunan bersejarah itu akan terus dibuka untuk semua pengunjung di luar jam yang diberikan untuk beribadah umat Muslim.

Situs Warisan Dunia UNESCO itu pertama kali dibangun sebagai katedral di masa kekaisaran Bizantium, tetapi akhirnya diubah menjadi masjid setelah penaklukan Ottoman atas Konstantinopel pada 1453. Di bawah pendiri republik modern Mustafa Kemal Ataturk, Aya Sofya kemudian difungsikan sebagai museum.

Erdogan mengatakan pada tahun lalu bahwa membuka Aya Sofya sebagai museum merupakan kesalahan yang sangat besar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA