Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tertunda Dua Kali, Akhirnya Misi Mars UEA Diluncurkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 20 Juli 2020, 09:07 WIB
Tertunda Dua Kali, Akhirnya Misi Mars UEA Diluncurkan
Uni Emirat Arab (UEA) meluncurkan misi Mars pertamanya pada Senin, 20 Juli 2020/Net
rmol news logo Setelah beberapa kali ditunda, akhirnya misi Mars pertama Uni Emirat Arab (UEA) bernama "Hope" diluncurkan pada Senin pagi (20/7).

Melansir CNA, probe "Hope" meluncur dari Tanegashima Space Center, Jepang pada pukul 6.58 waktu Jepang.

Hope merupakan probe tak berawak yang dibawa oleh roket bernama "Al Amal" yang artinya lepas landas. Lima menit setelah peluncuran, roket yang membawa probe berada di jalurnya, melakukan pemisahan pertama.

Butuh waktu tujuh bulan bagi Hope untuk tiba di Planet Merah, di mana nantinya ia akan mengorbit dan mengirim data-data yang dibutuhkan UEA mengenai atmosfer.

Artinya, Hope diperkirakan akan mencapai orbit Mars pada Februarti 2021, bertepatan dengan peringatan penyatuan tujuh emirat ke-50.

Misi Hope pada awalnya dijadwalkan pada Selasa (14/7) namun ditunda menjadi Jumat (17/7) karena cuaca buruk. Hal yang sama juga terjadi sehingga ditunda kembali hingga Senin.

UEA sendiri menjadi negara Arab pertama yang meluncurkan misi ke Mars. Sebelumnya, ada delapan misi aktif menjelajahi Mars, beberapa hanya mengorbit, dan beberapa sudah mendarat di permukaannya.

Tahun ini, China dan Amerika Serikat juga berencana untuk mengirimkan misi tambahan ke Mars dengan memanfaatkan periode jarak terdekat antara Bumi dan Planet Merah tersebut.

Pasalnya menurut NASA, pada Oktober, jarak Mars dan Bumi hanya akan menjadi 62,07 juta km. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA