Farah.ID
Farah.ID

Setengah Tahun Ditutup Karena Corona, China Buka Kembali Bioskop Se-Nasional

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 20 Juli 2020, 15:36 WIB
Setengah Tahun Ditutup Karena Corona, China Buka Kembali Bioskop Se-Nasional
Para petugas menyemprotkan disinfektan di bioskop/Net
Setelah enam bulan ditutup untuk menghentikan penyebaran virus corona, akhirnya bioskop-bioskop di China kembali dibuka secara nasional.

Pada awalnya, Administrasi Film China mengumumkan, bioskop yang diperbolehkan dibuka adalah yang berada di wilayah "berisiko rendah". Namun karena sebagian besar wilayah sekarang diklasifikasikan "risiko rendah", maka pembukaan dilakukan secara nasional mulai Senin (20/7).

Seperti yang dikutip BBC, ada beberapa aturan ketat yang harus dipenuhi. Termasuk penonton yang dibatasi 30 persen dari kapasitas di mana tempat duduk harus terpisah setidaknya satu meter.

Sebelum masuk bioskop, semua pengunjung akan dicek suhu. Semua penonton dan staf juga diwajibkan mengenakan masker.

Tiket sendiri harus dibeli secara online, sementara jumlah film yang ditampilkan tidak lebih dari 50 persen dari volume sebelumnya.

Selain itu, makanan dan minuman masih belum diizinkan diperjualbelikan di bioskop.

Sejak ditutup pada Januari, banyak bioskop-bioskop di China yang sudah gulung tikar. Pasalnya, China merupakan pasar film terbesar kedua di dunia dengan box office di sana memperoleh 9,2 miliar dolar AS pada 2019.

Pada awal Juli, pemilik bioskop terbesar di China, Wanda Film, mengaku pihaknya akan mengalami kerugian hingga 1,6 miliar yuan selama enam bulan pertama tahun ini. Padahal, laba untuk periode yang sama tahun lalu hanya 524 juta yuan.

Wanda Film sendiri memiliki lebih dari 600 bioskop di seluruh negeri.

ARTIKEL LAINNYA