Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Israel Lancarkan Serangan Rudal, Targetkan Depot Amunisi Iran Di Suriah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 21 Juli 2020, 08:42 WIB
Israel Lancarkan Serangan Rudal, Targetkan Depot Amunisi Iran Di Suriah
Israel lancarkan serangan rudal ke Suriah/Net
rmol news logo Pemerintah Suriah yang didukung oleh Iran mengaku baru mendapat kunjungan rudal-rudal Israel yang berhasil dicegat dengan sistem pertahanan udaranya.

Dari laporan televisi pemerintah, rudal-rudal Israel terbang di atas Dataran Tinggi Golan Suriah hingga akhirnya dicegat dan langsung menciptakan ledakan di atas langit ibukota, Damaskus pada Senin (20/7).

Dilaporkan Reuters, suara ledakkan terdengar di Damaskus hingga menggetarkan jendela-jendela di sana.

Jurubicara militer Suriah mengatakan, pihaknya berhasil menggagalkan sebagian besar rudal yang menargetkan pinggiran selatan Damaskus, sehingga hanya menimbulkan kerugian materiil.

Namun para pembelot militer Suriah mengungkap, serangan tersebut menargetkan depot amunisi besar di Jabal al Mane, dekat Kota Kiswa, yang dikelola Iran dan tempat pasukan Pengawal Revolusi Iran (IRGC) bermarkas. Depot tersebut berada hampir 15 km dari pusat Damaskus.

Tidak hanya itu, serangan-serangan lain juga ternyata menghantam Kota Muqaylabiya dan Kota Zakiya, di mana para militan Hizbullah Lebanon yang pro-Iran dikerahkan.

Seorang pejabat di aliansi regional yang mendukung Iran mengatakan tidak ada korban dari pihak Iran maupun Hizbullah. Namun seorang analis Suriah yang memiliki kontak dengan sumber-sumber di lokasi, terdapat korban jiwa dalam serangan tersebut.

"Israel telah menargetkan depot amunisi besar. Ada beberapa serangan dan ledakannya sangat besar. Ada laporan bahwa personil Iran telah terbunuh," ujarnya

Sumber-sumber intelijen dan para pembelot militer mengatakan, daerah-daerah yang menjadi target serangan Israel, khususnya pangkalan di bagian timur diyakini memiliki kehadiran kuat dari militan yang didukung Iran.

Sumber-sumber intelijen Barat juga mengungkap, semakin intensnya serangan Israel di Suriah merupakan hasil dari persetujuan Amerika Serikat (AS) untuk memberlakukan tekanan maksimum pada Iran.

Sementara itu, hingga berita ini dirilis, belum ada pernyataan resmi dari pihak Israel. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA