Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Covid-19 Menjangkit Pasukan AS Di Korea Selatan, Latihan Militer Gabungan Terhambat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 21 Juli 2020, 13:41 WIB
Covid-19 Menjangkit Pasukan AS Di Korea Selatan, Latihan Militer Gabungan Terhambat
Latihan militer gabungan rutin Korea Selatan dan Amerika Serikat terhambat pandemik Covid-19/Net
rmol news logo Pandemik Covid-19 mengancam latihan militer gabungan yang rutin dilakukan oleh Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS). Hingga saat ini pun kedua negara belum mengumumkan jadwal latihan.

Diungkap oleh para pejabat Korea Selatan, Menteri Pertahanan Jeong Kyeong-doo telah melakukan panggilan telepon dengan Menteri Pertahanan AS Mark Esper pada Selasa (21/7). Namun keduanya tidak menetapkan rincian tanggal latihan yang biasanya dimulai pada awal Agustus.

"Kami akan menyaksikan perkembangan untuk menentukan skala, tanggal, dan metode latihan," ujar pejabat tersebut yang tidak ingin disebutkan namanya, melansir CNA.

"Kita harus melakukan apa yang perlu, tetapi keselamatan juga merupakan kunci untuk mempertahankan postur kesiapan pertahanan," sambungnya.

Menurutnya, jika latihan tetap dilanjutkan, akan ada lebih banyak simulasi daripada latihan militer di lapangan.

Sejak tiga pekan terakhir, ada hampir 50 pasukan AS di Korea Selatan yang terinfeksi virus corona, termasuk 10 di antaranya dilaporkan pada Senin (20/7). Semua kasus tersebut dikonfirmasi pada saat kedatangan atau saat menjalankan wajib karantina selama dua pekan.

Lonjakan kasus di tengah pasukan militer AS di Korea Selatan memicu kekhawatiran Seoul. Kota Pyeongtaek yang menjadi basis militer AS juga telah meminta pemerintah Korea Selatan untuk memastikan para tentara Negeri Paman Sam diuji Covid-19 sebelum kedatangan.

Meski begitu, latihan militer gabungan Korea Selatan dan AS saat ini menjadi sangat penting karena meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea.

Saat ini, ada sekitar 28.000 tentara AS di Korea Selatan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA