Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gandeng Obama, Joe Biden Kritik Penanganan Covid-19 Donald Trump

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 24 Juli 2020, 15:18 WIB
Gandeng Obama, Joe Biden Kritik Penanganan Covid-19 Donald Trump
Kandidat Presiden Amerika Serikat, Joe Biden dan mantan Presiden Barack Obama/Net
rmol news logo Kandidat Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Joe Biden menggandeng rekannya mantan Presiden Barack Obama untuk mengkritik penanganan wabah Covid-19 yang dilakukan oleh Presiden Donald Trump.

Kritikan keduanya tersebut terdapat dalam sebuah video kampanye yang diunggah oleh Biden dan Obama dalam akun Twitter mereka masing-masing pada Kamis (23/7). Di mana Obama memiliki 120,8 juta pengikut, sementara Biden sendiri 7,2 juta pengikut.

Dalam video tersebut, terlihat Biden dan Obama duduk berhadapan dengan jarak yang cukup jauh di antara keduanya. Video tersebut beri judul "Percakapan Jarak Sosial".

"Bisakah Anda bayangkan berdiri ketika Anda menjadi presiden, mengatakan, 'Itu bukan tanggung jawab saya?'" tanya Biden kepada Obama, merujuk pada upaya Trump untuk menghindari kritik terhadap respons pandemik.

"Kata-kata itu tidak keluar dari mulut kami ketika kami berada di kantor," jawab Obama seperti dikutip Malaymail.

Dalam percakapan tersebut, keduanya juga membahas mengenai UU Perawatan Terjangkau (ACA) atau yang disebut dengan "Obamacare", program pemerintahan Obama dan Biden untuk memperluas cakupan layanan kesehatan AS.

Pemerintahan Trump sendiri telah mengajukan petisi kepada Mahkamah Agung untuk membatalkan ACA.

"Sulit untuk memahami siapa pun yang ingin mengambil perawatan kesehatan masyarakat di tengah krisis kesehatan masyarakat yang besar," kata Obama.

Sebagai tanggapan, Trump kemudian menyerang Obama dan Biden di Twitter.

"Ingat, saya bahkan tidak akan berada di sini jika bukan karena mereka. Mereka melakukan pekerjaan yang mengerikan!" tegas Trump.

Biden yang merupakan mantan Wakil Presiden Obama telah menggunakan presiden kulit hitam AS tersebut menjadi ikon kampanyenya.

Sementara Obama masih memiliki tingkat popularitas yang sangat tinggi. Ia terbukti mampu membangun antusiasme dalam pemilihan presiden pada November mendatang.

"Saya duduk bersama Joe Biden untuk mendiskusikan isu paling mendesak saat ini. Dia (Biden) adalah pemimpin yang kita butuhkan saat ini, dengan visi, rencana, dan karakter untuk memajukan Amerika," cuit Obama dalam unggahan videonya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA