Kasus Terus Meningkat, Para Ahli Serukan Agar Amerika Lakukan Lockdown Dan Kembali Dari Awal Lagi

Ilustrasi/Net

Para pakar dan ahli medis Amerika Serikat telah berulang kali mengingatkan agar pemerintah segera menegakkan aturan ketat dan karantina wilayah untuk penanganan Covid-19 yang lebih serius lagi.

Pembatasan pergerakan dan penutupan pembatasan wilayah harus segera dimulai kembali seiring angka kasus yang merangkak naik setiap hari, menciptakan kekhawatiran akan jatuhnya korban yang lebih dalam.

Amerika Serikat telah mencatat angka tertinggi kasus positif virus corona sebanyak lebih dari 4,2 juta. Angka korban meninggal pun telah mencapai lebih dari 148 ribu, per Sabtu (25/7).

Pendiri Microsoft, Bill Gates, menekan seharusnya orang Amerika tidak membuat pertemuan publik telebih dulu.

"Tentu saja ada beberapa kegiatan yang malah menumbuhkan risiko infeksi. Itu berarti mestinya mereka tidak boleh diizinkan untuk membuka, sampai sisa tahun ini, sampai jumlahnya turun, turun," kata Gates yang mendukung dilakukannya penutupan, dikutip dari CNN.

“Saya bercanda jika orang pergi ke bar dan mereka tidak berbicara, tidak apa-apa hanya duduk diam dan minum. Tapi, Anda tahu, restoran, pertemuan publik, kita seharusnya lebih tegas kepada mereka terkait aturan-aturan saat mereka hendak membuka lagi usahanya," kata Gates.

Lebih dari 150 orang tokoh medis AS, ilmuwan, guru dan perawat, menandatangani surat terbuka meminta tokoh politik melakukan karantina wilayah atau lockdown, dan memulai lagi dari awal upaya penanganan pandemi Covid-19.

Para ahli menyayangkan di saat semua semakin mengkhawairkan warga malah masih duduk-duduk minum dengan bebas di bar, memotong rambut, makan di dalam restoran, membuat tato, menikmati pijat, dan main ke pantai.

Ahli statistik dari Pusat Pencegahan dan Kontrol Penyakit AS mengatakan Covid-19 menjadi penyebab utama kematian di tempat-tempat itu.

“Ini terjadi pada saat musim panas dengan banyak kegiatan di luar ruangan yang hangat. Lebih mudah menghindari infeksi di luar ruangan pada musim ini dibandingkan pada musim gugur,” kata Gates.

Direktur keperawatan di Eisenhower Health di Rancho Mirage, California, Catherine Davis, mengatakan ia sering terjaga dari tidurnya yang sangat kurang, dengan pikiran, "Berapa lama kita akan mempertahankan ini? Berapa lama kita akan dihadapkan dengan hal ini setiap hari?"

California telah melampaui New York sebagai wilayah dengan kasus virus corona yang paling banyak. Menjadikan Amerika Serikat semakin terpuruk.

Begitu juga dengan Los Angeles dengan angka kasus yang cukup tinggi. Walikota Los Angles Eric Garcetti akhirnya dengan pasrah berkata, "Saya benar-benar tidak melihat pilihan lain, tetapi mestinya benar-benar ditutup selama beberapa minggu sehingga kita dapat mengendalikan virus ini."
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Ular Piton 3,5 Meter Ditangkap Usai Mangsa Ternak Warga Boyolali

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Sari Rogo Dan Kerikil Agrowisata Unila

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Anies Baswedan Positif Covid-19

Selasa, 01 Desember 2020

Artikel Lainnya

WHO Godok Peluncuran Sertifikat Elektronik Untuk Vaksinasi Covid-19
Dunia

WHO Godok Peluncuran Sertifi..

04 Desember 2020 18:25
Masalah Domestik Numpuk, Butuh Waktu Bagi Biden Untuk Lanjutkan Negosiasi Denuklirisasi Korea Utara
Dunia

Masalah Domestik Numpuk, But..

04 Desember 2020 18:05
Dino Patti Djalal: Mentalitas Korea Utara Luar Biasa
Dunia

Dino Patti Djalal: Mentalita..

04 Desember 2020 17:13
Dubes Park Tae Sung Berharap Indonesia Dan ASEAN Terus Berkontribusi Bagi Perdamaian Semenanjung Korea
Dunia

Dubes Park Tae Sung Berharap..

04 Desember 2020 16:36
Uzbekistan Telah Menerima Sampel Pertama Vaksin Sputnik V Buatan Rusia
Dunia

Uzbekistan Telah Menerima Sa..

04 Desember 2020 16:31
Presiden Vucic: Vaksin Covid-19 Sputnik V Telah Dikirim Ke Serbia, Dia Akan Jadi Orang Pertama Yang Siap Diujicoba
Dunia

Presiden Vucic: Vaksin Covid..

04 Desember 2020 16:18
Pemilu, Simbol Kuat Kemenangan Demokrasi Venezuela
Dunia

Pemilu, Simbol Kuat Kemenang..

04 Desember 2020 15:38
'Spicy Life' Film Pendek Petani Korban Bencana Tsunami Palu Yang Bertahan Dengan Bantuan ICDF Taiwan
Dunia

'Spicy Life' Film Pendek Pet..

04 Desember 2020 15:23