Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jack Ma Tersandung Kasus Di India, Buntut Dari Pelarangan Aplikasi China?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 27 Juli 2020, 08:35 WIB
Jack Ma Tersandung Kasus Di India, Buntut Dari Pelarangan Aplikasi China?
Jack Ma/Net
rmol news logo Rupanya dampak bentrokan India dan China masih bersisa. Begitu India memutuskan untuk melarang 57 aplikasi China termasuk UC News milik Alibaba dan UC Browser karena kekhawatiran keamanan, datang aduan dari seorang mantan karyawan UC Web yang menyeret nama Jack Ma.

Mantan karyawan di India ini mengatakan dirinya dipecat semena-mena setelah menolak apa yang ia lihat sebagai sensor dan berita palsu tentang aplikasi perusahaan. Terkait hal itu, Pengadilan India telah memanggil Alibaba dan pendirinya Jack Ma.

Dalam pengajuan pengadilan tanggal 20 Juli yang sebelumnya tidak dilaporkan, mantan karyawan UC Web Alibaba, Pushpandra Singh Parmar, menuduh perusahaan telah menyensor konten-konten yang dianggap tidak menguntungkan bagi China, dikutip dari Reuters, Minggu (26/7).

Selain itu, UC Browser dan UC News juga dituduh memamerkan berita palsu untuk menyebabkan kekacauan sosial dan politik.

Setelah larangan 57 aplikasi China, India memang gencar mencari jawaban tertulis dari semua perusahaan yang terkena dampak, termasuk apakah mereka menyensor konten atau bertindak untuk pemerintah asing mana pun.

Hakim Sipil Sonia Sheokand dari pengadilan distrik di Gurugram, telah mengeluarkan surat panggilan untuk Alibaba, Jack Ma, dan sekitar selusin individu atau unit perusahaan guba meminta mereka untuk tampil di pengadilan atau melalui pengacara pada 29 Juli mendatang.

Hakim juga meminta tanggapan tertulis dari perusahaan dan eksekutifnya dalam waktu 30 hari.

UC India mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya tidak tergoyahkan dalam komitmennya terhadap pasar India dan kesejahteraan karyawan lokalnya, dan kebijakannya sesuai dengan hukum setempat.

Parmar, yang sebelumnya bekerja sebagai associate director di kantor Web UC di Gurugram hingga Oktober 2017 itu mencari ganti rugi 268.000 dolar AS. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA