Farah.ID
Farah.ID

Sempat Menyinggung Korea Selatan, Kumis Dubes AS Harry Harris Dicukur

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 27 Juli 2020, 10:50 WIB
Sempat Menyinggung Korea Selatan, Kumis Dubes AS Harry Harris Dicukur
Penampilan Dutabesar Amerika Serikat untuk Korea Selatan, Harry Harris sebelum dan sesudah bercukur/Net
Dutabesar Amerika Serikat (AS) untuk Korea Selatan, Harry Harris akhirnya mencukur kumisnya yang sempat menjadi kontroversi publik di Negeri Ginseng.

Dari video yang diunggah di akun Twitter-nya, Harris terlihat mencukur kumis khasnya di sebuah pangkas rambut tua di pusat Kota Seoul.

Dalam klip video tersebut, Harris mengaku tidak nyaman dengan kumisnya di tengah musim panas Seoul yang terik dan lembab. Apalagi ketika ia harus menggunakan masker sebagai kewajiban di tengah pandemik Covid-19.

Di pangkas rambut klasik tersebut, ia juga melakukan konsultasi singkat dengan tukang cukur mengenai kumisnya yang telah ia pelihara selama bertahun-tahun. Sebelum akhirnya sang tukang cukur memangkas habis kumis tersebut.

Video tersebut juga menunjukkan bagaimana penampilan Harris sebelum dan sesudah bercukur.

Melansir Yonhap, kumis Harris sempat menjadi kontroversi lantaran dianggap mengingatkan masyarakat Korea Selatan dengan penampilan para jenderal gubernur Jepang ketika pendudukan pada 1910 hingga 1945. Terlebih, Harris lahir dari seorang ibu berdarah Jepang.

Kritikan tajam terhadap kumisnya tidak jarang didapatkan Harris. Mengingat pada saat kedatangan Harris, sentimen warga Korea Selatan terhadap Jepang meningkat dengan adanya perang dagang.

Harris yang merupakan pensiunan Laksamana Angkatan Laut AS diutus oleh Presiden Donald Trump pada 2018. Di mana Korea Selatan adalah awal karirnya sebagai seorang diplomat.

ARTIKEL LAINNYA