Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pantai Di Kalda UEA Ditutup, Ada Tumpahan Minyak Mengalir Sepanjang Tiga Km

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 27 Juli 2020, 13:04 WIB
Pantai Di Kalda UEA Ditutup, Ada Tumpahan Minyak Mengalir Sepanjang Tiga Km
Pantai Kalda yang tercemar minyak hitam, menyebabkan pantai menjadi kotor dan berbau/Net
rmol news logo Pemandangan menyedihkan terlihat di Pantai Kalda, Uni Emirat Arab. Tumpahan minyak sepanjang tiga kilometer membuat pantai cantik itu berubah menjadi pemandangan menjijikkan, kotor dan berbau. Penduduk setempat melaporkan tumpahan minyak itu kepada  pihak berwenang pada Minggu (26/7).

Ini adalah tumpahan minyak ketiga yang dilaporkan di sepanjang pantai timur UEA pada tahun ini, seperti dikutip dari TN, Senin (27/7).

Bulan lalu, minyak mengalir ke darat di wilayah Pantai Khor Fakkan di Sharjah dan di wilayah lain dilaporkan jalanan menjadi licin karena minyak dari pantai di Al Aqah di Fujairah pada bulan Maret.

Polusi dari tumpahan minyak telah menguap di sepanjang pantai timur itu, akhirnya memaksa pihak berwenang untuk menutup pantai umum di Sharjah.

Polisi pun segera menutup wilayah yang dilaporkan itu untuk kemudian dilakukan pembersihan oleh otoritas Lingkungan dan Area Lindung Sharjah serta perusahaan pengelola lingkungan Kota Kalba.

Seorang penduduk di daerah itu mengatakan bau minyak bisa dicium dari jauh. Operasi pembersihan sedang berlangsung di Kalba, Sharjah, tempat tumpahan minyak mengalir sepanjang 3 km dari garis pantai.

"Kami menerima foto-foto minyak yang menutupi pasir pantai dari orang-orang yang berada di pantai sekitar jam 6 pagi," kata warga, yang berbagi gambar di akun Instagram Hisn Kalba.

"Aku pergi ke sana sendiri untuk memeriksa dan menemukan jejak minyak panjang di sepanjang pantai, dan itu menghasilkan bau busuk yang dapat dilihat dari jauh."

Direktur Departemen Layanan di Sharjah Environment dan Otoritas Area Dilindungi, Shamsa Al Ketbi, mengatakan bagian dari pantai mungkin harus tetap ditutup selama sisa minggu ini untuk dibersihkan.

“Membersihkan minyak tanpa mempengaruhi makhluk laut yang hidup di bawah pasir di pantai adalah proses yang sangat rumit dan tidak bisa menggunakan mesin, hanya dengan tangan,” kata Al Ketbi.

"Butuh waktu untuk membersihkan seluruh area," katanya.

Dia mengatakan inspektur dikirim ke daerah itu untuk mengambil sampel air dan memeriksa tanda-tanda polusi.

"Tidak ada tanda-tanda efek langsung pada kehidupan laut atau polusi air yang terlihat tetapi proses pembersihan mungkin memakan waktu sampai setelah Hari Raya, karena minyak ditemukan dalam proporsi yang bervariasi di sepanjang pantai," lanjutnya.

Pemindaian udara dilakukan dengan penjaga pantai untuk memeriksa tumpahan minyak lainnya yang mungkin telah terdampar ke darat.

“Kami tidak tahu penyebab pasti tetapi kami sedang mengerjakan rencana untuk memasukkan sistem pemantauan untuk melihat tumpahan minyak sebelum mencapai garis pantai,” kata Al Ketbi.

Tumpahan minyak biasanya terjadi ketika kapal membersihkan tangki mereka dengan membuang residu dari tangki ke perairan internasional.

Akibatnya, lumpur hitam tak terhindarkan menyapu daratan, menyebabkan kerusakan pada kehidupan laut dan ekosistem.

Bulan ini, pejabat pemerintah UEA menyerukan untuk meningkatkan lagi pengawasan kapal tanker dan memberikan hukuman kepada para pelanggar.

Di bawah Undang-Undang Federal UEA No. 24, semua alat transportasi laut dilarang mengeluarkan minyak atau membuangnya di laut. Hukumannya adalah  penjara dan denda hingga 1 juta.

Insiden ini lebih sering terjadi di perairan internasional, sehingga sulit bagi polisi untuk melacak pelaku dan memberikan hukuman. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA