Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penasihat Keamanan Nasional AS Dinyatakan Positif Covid-19, Trump Dan Wakilnya Aman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 28 Juli 2020, 07:50 WIB
Penasihat Keamanan Nasional AS Dinyatakan Positif Covid-19, Trump Dan Wakilnya Aman
Penasihat Keamanan Nasional AS Robert O'Brien/Net
rmol news logo Satu lagi pejabat tinggi Gedung Putih yang berada di lingkaran Presiden Donald Trump dinyatakan positif Covid-19.  Kali ini virus itu menginfeksi Penasihat Keamanan Nasional AS, Robert O'Brien.

Gedung Putih mengumumkan hal itu pada hari Senin (27/7), mereka mengatakan dalam sebuah pernyataan baik Trump maupun Wakil Presiden Mike Pence tidak beresiko terpapar. Awalnya, putrinya yang berstatus mahasiswa lebih dulu terinfeksi Covid-19.

Direktur Ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow mengatakan kepada wartawan bahwa O'brien telah melakukan isolasi mandiri dan bekerja dari lokasi yang aman.

"O'Brien memiliki gejala ringan dan telah mengisolasi diri dan bekerja dari lokasi yang aman di luar lokasi. Tidak ada risiko terpapar dengan presiden atau wakil presiden," ujarnya seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (27/7).

Salah satu sumber mengatakan, pengumuman itu membuat beberapa staf Gedung Putih terkejut, karena belum ada memo internal mengenai hal itu. O'Brien dan staf senior di NSC diuji setiap hari untuk Covid-19. Kantornya berada di dekat Kantor Oval dan kantor Pence's West Wing.

O'Brien yang mengambil alih tugas John Bolton sebagai penasihat keamanan nasional September lalu, diketahui telah melakukan perjalanan ke Paris pada pertengahan Juli untuk mewakili Amerika Serikat pada upacara Hari Bastille. Saat itu dirinya bertemu Presiden Prancis Emmanuel Macron saat berada di sana.

Ikut serta dalam perjalanan tersebut wakil penasihat keamanan nasional Matt Pottinger, di antara para pembantunya dan sekelompok kecil wartawan, kata seorang pejabat administrasi.

O'Brian menjadi salah satu dari beberapa orang di lingkaran Trump yang dinyatakan positif Covid-19. Mei lalu, sekretaris pers wakil Presiden Mike Pence, Katie Miller juga dinyatakan positif mengidap virus corona.

Minggu lalu, Trump tiba-tiba membatalkan kegiatan Konvensi Nasional Partai Republik yang dijadwalkan pada Agustus depan di Jacksonville, Florida, menyebut keprihatinan atas wabah tersebut.

Trump mulai mempromosikan penggunaan masker setelah meremehkan kebutuhan atasnya. trump juga mengatakan bahwa beberapa sekolah umum tidak bisa dibuka pada saat ini di lokasi yang terpapar virus, setelah sebelumnya memintanya kembali memulai aktifitas. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA