Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kerjasama Puluhan Tahun Tiongkok-AS Bisa Hancur Hanya Karena Elemen Anti China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 29 Juli 2020, 09:03 WIB
Kerjasama Puluhan Tahun Tiongkok-AS Bisa Hancur Hanya Karena Elemen Anti China
Menteri luar negeri China Wang Yi/Net
rmol news logo Menteri luar negeri China Wang Yi kembali mengecam tindakan AS karena dinilai telah melakukan provokasi yang sembrono alih-alih menyerukan komunikasi rasional antara kedua negara pasca insiden penutupan konsulat masing-masing.

Menurut sebuah transkrip yang diterbitkan oleh kementerian luar negeri China, Wang Yi mengatakan hal tersebut saat terlibat percakapan telepon dengan Menlu Prancis Jean-Yves Le Drian. Wang Yi mengatakan bahwa hubungan China-AS dapat jatuh ke dalam jurang konfrontasi.

"Provokasi AS yang ceroboh tentang konfrontasi dan perpecahan berbanding terbalik dengan kenyataannya, bahwa selama ini kepentingan China dan Amerika Serikat sangat terintegrasi," kata Wang, seperti dikutip dari AFP, Selasa (28/7).

Seharusnya kedua belah pihak jangan pernah membiarkan elemen anti-China membalikkan fakta bahwa AS-China telah berhasil melakukan kerja sama selama puluhan tahun.

Hubungan kedua raksasa ekonomi dunia itu memburuk dalam beberapa pekan terakhir, mereka terlibat dalam konflik gaya Perang Dingin. Beijing mengatakan penutupan konsulat Chengdu adalah "tanggapan sah dan perlu terhadap tindakan tidak masuk akal oleh Amerika Serikat", dan menuduh bahwa staf mereka di konsulat membahayakan keamanan dan kepentingan China.

Sementara itu, para pejabat di Washington mengatakan ada upaya yang tidak dapat diterima yang dilakukan oleh konsulat China di Houston, mereka dituding telah melakukan pencurian rahasia perusahaan AS. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA