Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemlu Serahkan Etty Toyib Dan Tiga WNI ABK Korban Penculikan Perompak Gabon Kepada Keluarga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 30 Juli 2020, 13:56 WIB
Kemlu Serahkan Etty Toyib Dan Tiga WNI ABK Korban Penculikan Perompak Gabon Kepada Keluarga
Proses penyerahan kembali empat WNI kepada keluarganya masing-masing di kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta pada Kamis, 30 Juli 2020/Ist
rmol news logo Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Luar Negeri secara resmi mengembalikan empat warga negara Indonesia (WNI) kepada keluarga mereka masing-masing. Empat WNI tersebut adalah Etty binti Toyib Anwar dan tiga anak buah kapal (ABK) Kapal Amerger.

Penyerahan diwakilkan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di kantor Kementerian Luar Negeri, Jalan Pejambon, Jakarta, Kamis (30/7). Kegiatan tersebut juga diliput secara daring.

Dalam sambutannya, Retno menjelaskan, Etty merupakan tenaga kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi yang berhasil lolos dari hukuman mati. Ia diketahui terjerat kasus pembunuhan terhadap majikannya.

Menurut Retno, pembebasan Etty bukanlah proses yang mudah dan cepat. Namun proses tersebut mendapatkan bantuan dari banyak pihak, terutama Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Sementara itu, tiga ABK Kapal Amerger 2 dan 7 yang dikembalikan oleh pemerintah Indonesia adalah Aldi Fauzian, Amin Sumardi, dan Sobirin. Mereka berhasil selamat dari aksi penculikan 13 perompak bersenjata di perairan Santa Clara, Llibreville, Gabon pada Mei 2020.

Dalam prosesnya, Kemlu melalui  KBRI Abuja, KBRI Paris, dan Konsul Kehormatan di Gabon bekerja sama dengan pemerintah Prancis, Gabon, dan Nigeria. Selain di dalam negeri berkoordinasi dengan Kemenko Polhukam, TNI, dan BIN.

"Alhamdulillah, dalam waktu yang relatif singkat, yaitu satu bulan, tiga sandera WNI tersebut dapat dibebaskan," ujar Retno.

Ia mengatakan, keempat WNI  tersebut sudah menjalankan protokol kesehatan sebelum diserahkan kepada keluarga. Setelah semua proses yang diberlakukan rampung dan mereka dinyatakan sehat, maka proses penyerahan kembali dilakukan.

"Saya, mewakili pemerintah Indonesia, ingin serahkan secara resmi, Ibu Etty, Pak Aldi, Pak Amin, dan Pak Sobirin kepada pihak keluarga," kata Retno. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA