Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ada Anggota Senat Dinyatakan Positif Covid-19, Pelosi Tetapkan Aturan Baru Wajib Masker Di Seluruh Gedung DPR AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 30 Juli 2020, 14:32 WIB
Ada Anggota Senat Dinyatakan Positif Covid-19, Pelosi Tetapkan Aturan Baru Wajib Masker Di Seluruh Gedung DPR AS
Ketua DPR AS, Nancy Pelosi tetapkan aturan baru wajib masker/Net
rmol news logo Para pemimpin kongres AS menetapkan aturan penggunaan masker di gedung parlemen sebagai protokol kesehatan yang telah diperbarui menyusul kasus Covid-19 yang menimpa salah seorang anggita kongres, Louie Gohmert yang dinyatakan positif pada Rabu.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat, Nancy Pelosi, pada hari Rabu mengatakan bahwa dia sekarang akan meminta semua anggota untuk mengenakan masker di semua lokasi di gedung DPR. Anggota parlemen juga diwajibkan mengenakan masker saat melakukan rapat bersama komite. Aturan baru itu mendapat pertentangan dari beberapa anggota Partai Republik.

"Anggota dan staf akan diminta untuk mengenakan masker setiap saat di aula DPR," kata Pelosi, dikutip dari Politico, Kamis (30/7).

Bagi mereka yang tidak mengindahkan aturan itu, maka akan ada teguran langsung dan diminta meninggalkan ruangan," ujar Pelosi, seraya menambahkan bagi yang tidak mau mengiktui aturan dianggap sebagai 'pelanggaran serius tata tertib'.

Gohmert, anggota kongres dari Texas, sering menolak untuk mengenakan masker di sekitar Capitol. Dia dinyatakan positif selama pra-penyaringan oleh Gedung Putih sebelum penerbangan terjadwal dengan Presiden Donald Trump ke Texas. Kabar dia terjangkit virus pun menyebar cepat.

Selama ini Gohmert, yang biasanya mengolok-olok masker dan jarak sosial di sekitar gedung DPR, saat ini tengah melakukan isolasi diri.

Kepala staf Gedung Putih Mark Meadows menyarankan bahwa semua anggota kongres harus melakukan tes, terutama karena banyak anggota parlemen berasal dari hotspot virus corona.

"Kongres harus melakukan tes uji mereka," kata Meadows, mencatat bahwa dia telah berbicara dengan Ketua Minoritas DPR Kevin McCarthy tentang ide itu. Mantan anggota parlemen dari Partai Republik itu tidak mengatakan apakah ia juga akan mengajukan gagasan itu kepada Pemimpin Mayoritas Senat, Mitch McConnell atau Pelosi.

"Kami akan senang membantu pelaksanaan tes uji bagi anggota kongres," kata Meadows. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA