Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Iran Siap Bayar Kompensasi Pesawat Ukraina Yang Jatuh Tertembak Rudal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 31 Juli 2020, 06:59 WIB
Iran Siap Bayar Kompensasi Pesawat Ukraina Yang Jatuh Tertembak Rudal
Puing-puing pesawat Ukraina International Airlines yang jatuh tertembak rudal Iran/Net
rmol news logo Iran berkomitmen untuk membayar kompensasi jatuhnya pesawat Boeing 737-800 milik Ukraina International Airlines pada Januari lalu yang menewaskan 176 orang.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Iran, Abbas Mousavi pada Kamis (30/7) mengatakan, pihaknya akan bertanggung jawab atas tragedi tersebut. Ia juga mencatat, mayoritas korban adalah warga Iran dan Ukraina sehingga akan menindaklanjutinya dengan Kiev.

"Iran setuju untuk membayar kompensasi untuk pesawat, tetapi implementasi masalah ini akan memakan waktu dan memiliki aspek teknis dan hukum," terangnya kepada kantor berita IRNA.

Dalam beberapa laporan, Sputnik melansir, delagasi Iran sudah dikirim ke Kiev untuk melakukan negosiasi perihal kompensasi dengan pemerintah Ukrania.

Pada 8 Januari, pesawat Ukraina jatuh terbakar tidak lama setelah lepas landas dari Bandara Internasional Imam Khomeini Teheran.

Setelah melakukan berbagai penyelidikan, Iran mengaku bertanggung jawab atas insiden tersebut karena personel militernya tidak sengaja mengacaukan target. Lantaran kecelakaan tersebut terjadi tidak lama setelah Teheran melakukan serangan udara terhadap pangkalan-pangkalan Amerika Serikat (AS) di Irak.

Ketegangan antara Teheran dan Washington pada awal tahun dipicu oleh pembunuhan tokoh terkemuka Iran, Mayor Jenderal Qassem Soleimani oleh serangan udara AS. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA