Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dimediasi Norwegia Presiden Venezuela Nicolas Maduro Siap Buka Perundingan Kembali Dengan Oposisi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 31 Juli 2020, 15:00 WIB
Dimediasi Norwegia Presiden Venezuela Nicolas Maduro Siap Buka Perundingan Kembali Dengan Oposisi
Presiden Venezuela, Nicolas Maduro
rmol news logo Presiden Venezuela Nicolas Maduro nampaknya mulai mencair. Ia mengatakan bahwa pemerintahnya siap memulai putaran baru perundingan dengan oposisi yang dimediasi Norwegia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Maduro mengatakan Menteri Komunikasi Jorge Rodriguez telah mengadakan pertemuan dengan delegasi Norwegia untuk membahas hal tersebut.

"Jorge Rodríguez sedang berbincang-bincang; dia menerimanya di sini dan sekarang dia mengoordinasikan apa yang tersisa dengan Norwegia. Pembicaraan itu diaktifkan kembali," katanya seperti dikutip dari AA, Jumat (31/7).

Norwegia telah menjadi mediator dialog politik antara Venezuela dan oposisi pada 2019. Beberapa pertemuan berlangsung hingga Maduro mengumumkan penangguhan pembicaraan setelah pemimpin oposisi Juan Guaido mengatakan ia mendukung perintah Presiden AS Donald Trump untuk membekukan aset pemerintah Venezuela di wilayah AS.

Dalam sebuah pernyataan, pemerintah mengatakan penangguhan pembicaraan itu karena fakta bahwa Guaido merayakan, mempromosikan dan mendukung sanksi berbahaya terhadap negara. Maduro kemudian memanggil utusannya beberapa jam sebelum mereka naik pesawat untuk bergabung kembali dengan negosiator oposisi dan mediator Norwegia di Barbados.

Diplomat Norwegia Dag Halvor Nylander mengumumkan pada 24 Juli bahwa delegasi dari Norwegia mengunjungi Caracas.

 Namun oposisi menegaskan kembali kepada perwakilan Norwegia bahwa proses dialog sudah berakhir tahun lalu.

 "Tidak ada proses dialog yang sedang berlangsung saat ini, dan kami menegaskan kembali kepada delegasi Norweigia bahwa hanya pemilihan umum yang bebas dan adil dapat menyelesaikan krisis ini." rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA