Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bukan Guyonan, Duterte Sarankan Warga Bersihkan Masker Dengan Bensin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 31 Juli 2020, 22:59 WIB
Bukan Guyonan, Duterte Sarankan Warga Bersihkan Masker Dengan Bensin
Presiden Filipina Rodrigo Duterte menyarankan warga membersihkan masker dengan bensin/Net
rmol news logo Di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 saat ini, masker menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Penggunaan masker di tempat umum merupakan hal yang penting demi mencegah potensi penularan virus corona.

Meski begitu, mencuci dan membersihkan masker juga tidak kalah penting. Karena masker akan bekerja efektif menekan potensi penularan Covid-19 hanya jika dalam keadaan bersih.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte memiliki versi sendiri soal cara membersihkan masker, yakni dengan menggunakan bensin.

Sebenarnya, dia telah membuat pernyataan tersebut pekan lalu. Namun sejumah pejabat di lingkarannya dengan cepat membuat pernyataan publik dan mengkoreksinya. Mereka menyebut bahwa pernyataan Duterte hanyalah guyonan.

Pejabat kesehatan setempat Maria Rosario Vergeire mengatakan bahwa masker kain harus dicuci dan dikeringkan secara normal, dan masker bedah diganti setelah digunakan.

Namun pada Jumat (31/7), Duterte menekankan lagi kepada publik bahwa penting untuk mendisinfeksi masker dengan bensin. Dia menekankan bahwa pernyataannya itu serius dan tidak bercanda.

"Mereka (kritikus) berkata, 'Duterte gila.' Bodoh! Jika saya gila, Anda yang harus menjadi presiden, bukan saya," kata Duterte dengan nada keras.

"Apa yang saya katakan itu benar. Jika alkohol tidak tersedia, terutama bagi orang miskin, pergi saja ke pompa bensin, dan gunakan (gas) untuk mendisinfeksi," jelasnya.

"Saya tidak bercanda," tekan Duterte, seperti dikabarkan BBC.

Sejauh ini, tidak ada bukti yang menyebutkan bahwa bensin dapat mensterilkan masker. Sebaliknya, kontak yang terlalu lama dengan bensin justru berpotensi menimbulkan bahaya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA