Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tensi Meninggi, Turki Dan Yunani Harus Segera Berdiskusi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 01 Agustus 2020, 08:37 WIB
Tensi Meninggi, Turki Dan Yunani Harus Segera Berdiskusi
Menhan Turki Hulusi Akar/Net
rmol news logo Tensi ketegangan antara Turki dan Yunani di Mediterania Timur semakin tinggi pasca kedatangan kapal eksplorasi energi Turki, Barbaros Hayrettin Pasa, di Republik Turki Siprus Utara (TRNC).

Untuk membahas hal teesebut, para pejabat Turki dan Yunani akan melakukan pertemuan di ibu kota Ankara dalam beberapa hari mendatang kata Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar Jumat (31/7).

“Kami mencoba menyelesaikan masalah dengan [jenis] pertemuan ini. Pekerjaan kami berlanjut ke arah ini,” kata Hulusi Akar usai melaksanakan sholat Ied di Masjid Selimiye di Edirne, Turki barat laut, seperti dikutip dari AA, Jumat (31/7).

Akar didampingi oleh Kepala Staf Umum Jenderal Yasar Guler, Komandan Angkatan Darat Jenderal Umit Dundar, Komandan Angkatan Udara Jenderal Hasan Kucukakyuz, serta Komandan Pasukan Angkatan Laut Adnan Ozbal.

Pada hari Kamis (30/7) waktu setempat seorang pejabat Yunani mengatakan bahwa Athena ingin mengadakan pembicaraan tentang pembatasan batas laut dengan Turki.

Pada konferensi pers mingguan, juru bicara pemerintah Yunani Stelios Petsas menekankan pentingnya saluran komunikasi terbuka dengan Turki, terutama di tengah meningkatnya ketegangan, merujuk pada Aegean dan Mediterania Timur.

Dia menambahkan bahwa Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis mengadakan pembicaraan telepon dengan pemimpin Siprus Yunani Nicos Anastasiadis mengenai kedatangan kapal eksplorasi energi Turki, Barbaros Hayrettin Pasa, di Republik Turki Siprus Utara (TRNC).

Turki adalah negara penjamin untuk Siprus Turki dan telah secara konsisten menentang pengeboran sepihak pemerintah Siprus Yunani di Mediterania Timur, menegaskan bahwa TRNC juga memiliki hak atas sumber daya di daerah tersebut.

Pada tahun 1974, setelah kudeta yang ditujukan untuk mencaplok Siprus oleh Yunani, Ankara harus melakukan intervensi sebagai kekuatan penjamin. Pada tahun 1983, TRNC didirikan.

Beberapa dekade sejak itu terjadi beberapa upaya untuk menyelesaikan perselisihan Siprus, semuanya berakhir dengan kegagalan. Yang terbaru, diadakan dengan partisipasi negara-negara penjamin - Turki, Yunani, dan Inggris - namun semua berakhir tanpa kemajuan pada 2017 di Swiss. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA