Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bukan Dibunuh Oleh Pemburu Atau Penyakit Antraks, Ternyata Ini Penyebab Kematian Misterius Ratusan Gajah Di Botswana

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 01 Agustus 2020, 09:18 WIB
Bukan Dibunuh Oleh Pemburu Atau Penyakit Antraks, Ternyata Ini Penyebab Kematian Misterius Ratusan Gajah Di Botswana
Gajah-gajah mati di Bostwana/Net
rmol news logo Penyebab kematian misterius ratusan gajah di Okavango Delta Botswana mulai terkuak, para ahli memperkirakan hewan-hewan malang itu mungkin meregang nyawa akibat racun alami.

Negara Afrika selatan yang terkurung daratan itu memiliki populasi gajah terbesar di dunia, diperkirakan jumlahnya sekitar 130 ribu populasi. Sekitar 300 dari mereka ditemukan sekarat sejak Maret lalu.

Pihak berwenang sejauh ini mengesampingkan antraks, serta perburuan liar sebagai penyebabnya, karena gadingnya ditemukan utuh.

Pemimpin Departemen Margasatwa dan Taman, Cyril Taolo mengatakan tes pendahuluan yang dilakukan di berbagai negara sejauh ini belum sepenuhnya sampai pada kesimpulan akhir.

“Sampai saat ini kami belum menetapkan kesimpulan tentang apa penyebab kematian".

“Sampai saat ini kami belum menetapkan kesimpulan tentang apa penyebab kematian. Tetapi berdasarkan beberapa hasil awal yang kami terima, kami melihat racun yang terjadi secara alami sebagai penyebab potensial,” katanya, seperti dikutip dari AFP, Jumat (31/7).

Dia menjelaskan bahwa beberapa bakteri secara alami dapat menghasilkan racun, terutama yang berada dalam air yang tergenang.

Pemerintah sejauh ini menetapkan bahwa ada 281 gajah mati, walaupun para konservasionis independen mengatakan jumlahnya lebih dari 350 ekor.

Kematian tersebut pertama kali dilaporkan oleh badan amal konservasi satwa liar, Elephants Without Borders (EWB), yang bocor ke media dan mencatat ada 356 gajah yang mati secara misterius.

EWB menduga gajah-gajah itu sekarat selama sekitar tiga bulan, dan kematian yang terjadi tidak terbatas pada usia atau jenis kelamin.

Beberapa gajah hidup tampak lemah, lesu dan kurus, dengan beberapa menunjukkan tanda-tanda disorientasi, kesulitan berjalan atau pincang, kata EWB.

Hingga saat ini tes lebih lanjut sedang dilakukan di laboratorium spesialis di Afrika Selatan, Kanada, Zimbabwe dan AS. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA