Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berselisih Soal Konten Editorial James Murdoch Mengundurkan Diri Dari Dewan News Corp

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 01 Agustus 2020, 10:28 WIB
Berselisih Soal Konten Editorial James Murdoch Mengundurkan Diri Dari Dewan News Corp
James Murdoch bersama ayahnya Rupert Murdoch dan kakaknya, Lachlan Murdoch/Net
rmol news logo James Murdoch mengundurkan diri dari dewan News Corp pada Jumat (31/7) terkait ketidaksepakatan mengenai konten editorial di perusahaan yang didirikan oleh ayahnya, Rupert Murdoch.

Perusahaan itu memiliki The Wall Street Journal, yang dikenal karena halaman editorialnya yang konservatif, dimana Rupert Murdoch telah menasihati para pemimpin dunia, mempertahankan filosofinya, tetapi putranya James selama bertahun-tahun telah bergerak ke kiri. Murdoch muda juga sebelumnya pernah menyatakan ketidaksetujuan dengan pandangan politik konservatif ayahnya.

James Murdoch dan istrinya Kathryn pada Januari mengutuk liputan organisasi tentang perubahan iklim, terutama karena menyangkal peran pemanasan global dalam kebakaran hebat di Australia.

"Pengunduran diri saya disebabkan oleh ketidaksepakatan atas konten editorial tertentu yang diterbitkan oleh outlet berita perusahaan dan keputusan strategis tertentu lainnya," kata Murdoch dalam surat pengunduran dirinya, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (1/8).

James adalah seorang siswa dropout dari Harvard dan salah satu pendiri label musik hip hop, Murdoch muda adalah mantan kepala eksekutif Twenty-First Century Fox, sebelum sebagian besar asetnya dijual ke Walt Disney.

Kepergian putra dari Rupert Murdoch yang kini berusia 89 tahun itu akan meninggalkan dewan News Corp dengan 10 direktur.

Perwakilan Murdoch menolak berkomentar di luar surat pengunduran diri.

Langkah ini dilakukan seminggu setelah sekelompok jurnalis WSJ mengirim surat kepada penerbitnya, meminta penggambaran yang lebih jelas antara berita dan divisi opini, sementara mengutip "kurangnya pengecekan fakta dan transparansi."

James Murdoch, yang kakak laki-lakinya Lachlan Murdoch menjabat sebagai kepala Fox Corporation, telah meninggalkan sebagian kerajaan media, karena ketidaksukaannya pada Fox News.

"Selama pemilik kami memberikan kami hak istimewa untuk melakukannya, halaman opini akan terus mempublikasikan kontributor yang mengutarakan pendapat mereka dalam tradisi wacana yang kuat dan beralasan," kata dewan editorial WSJ sebagai tanggapan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA