Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kirim Tim Medis, China Berencana Tes Covid-19 Semua Warga Hong Kong

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 02 Agustus 2020, 09:43 WIB
Kirim Tim Medis, China Berencana Tes Covid-19 Semua Warga Hong Kong
Tim medis dari China yang tiba di Hong Kong pada 2 Agustus 2020/Net
rmol news logo China mengirim tim medisnya ke Hong Kong untuk melakukan tes Covid-19 secara massal agar bisa menghentikan penyebaran virus corona baru di pusat keuangan Asia tersebut.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Komisi Kesehatan Nasional (NHC) China pada Sabtu (1/8) mengumumkan, tujuh pejabat kesehatannya akan tiba di Hong Kong pada Minggu (2/8). Mereka membawa tim medis yang berjumlah 60 orang.

Mengutip CNA, anggota tim merupakan para tenaga medis dari rumah sakit umum di Provinsi Guangdong. Sementara tim spesialis medis beranggotakan enam orang dari Wuhan, tempat virus corona pertama kali muncul.

Nantinya, tim tersebut akan membantu menyiapkan pusat konvensi AsiaWorld Expo sebagai fasilitas untuk pasien Covid-19.

Pengiriman tim medis ini adalah untuk yang pertama kalinya sejak awal wabah Covid-19 muncul.

Beberapa warga Hong Kong sendiri mengaku khawatir jika kesempatan ini digunakan China untuk mengumpulkan sampel DNA yang bertujuan untuk melakukan pengawasan.

Kepala Eksekutif Hong Kong, Carrie Lam mengaku, pihaknya meminta bantuan dari pemerintah pusat di Beijing karena meningkatnya jumlah kasus Covid-19 dikhawatirkan akan tidak terkendali.

Media lokal RTHK melaporkan, pemerintah sedang mempertimbangkan untuk melakukan pengujian terhadap semua warga Hong Kong.

Sejak Juli, Hong Kong sudah melihat adanya lonjakan kasus Covid-19 yang ditransmisikan secara lokal. Setelah itu, pihak berwenang memperkenalkan serangkaian langkah-langkah pembatasan sosial yang ketat, termasuk membatasi pertemuan publik untuk dua orang dan mewajibkan penggunaan masker di luar ruangan.

Sejauh ini, Hong Kong sudah mengonfirmasi sekitar 3.400 kasus Covid-19 dengan 33 kematian. Itu adalah angka yang jauh lebih rendah dari wilayah-wilayah lain, namun 11 hari terakhir, Hong Kong mulai mencatatkan tiga digit infeksi harian. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA