Farah.ID
Farah.ID

Negara Bagian Victoria Deklarasikan Status Bencana Covid-19, Siap Berlakukan Jam Malam

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 02 Agustus 2020, 13:14 WIB
Negara Bagian Victoria Deklarasikan Status Bencana Covid-19, Siap Berlakukan Jam Malam
Tes Covid-19 secara drive-thru/Net
Pemerintah Australia telah mendeklarasikan status bencana di negara bagian Victoria. Dengan status tersebut pemerintah bisa menerapkan jam malam sebagai salah satu langkah untuk menghentikan penyebaran virus corona yang kian meluas.

Perdana Menteri Victoria, Daniel Andrews pada Minggu (2/8) mengatakan, status bencana akan berlaku selama enam pekan hingga pertengahan September.

Nantinya, semua warga diharuskan tinggal di rumah. Hanya ada satu orang per rumah tangga yang berbelanja satu kali sehari. Penduduk Melbourne bahkan tidak bisa pergi lebih jauh 5 km dari rumahnya.

Melansir CNA, Melbourne sudah berada di bawah perintah tinggal di rumah selama enam pekan. Tetapi kota terbesar kedua di Australia tersebut masih berjuang mengendalikan infeksi virus.

Pekan lalu, negara bagian Victoria melaporkan lonjakan kasus harian Covid-19 yang membuat pemerintah meningkatkan langkah pembatasan.

Pada Minggu, Australia melaporkan 671 kasus Covid-19, naik dari 397 pada Sabtu (1/8). Totalnya, Australia sudah mengonfirmasi sekitar 17.300 kasus Covid-19 dengan 200 kematian.

Australia sendiri memiliki nasib yang lebih baik dalam penanganan wabah Covid-19, namun lonjakan kasus di Victoria membuat negara Kanguru tersebut sulit mengontrol virus.

ARTIKEL LAINNYA