Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Setelah Berbulan-bulan, Akhirnya Meksiko Tangkap Pemimpin Kartel Narkoba "El Marro"

Senin, 03 Agustus 2020, 11:12 WIB
Setelah Berbulan-bulan, Akhirnya Meksiko Tangkap Pemimpin Kartel Narkoba "El Marro"
José Antonio Yépez Ortiz atau El Marro yang telah ditangkap oleh pasukan keamanan Meksiko/Net
rmol news logo Pasukan keamanan Meksiko mengaku telah menangkap pemimpin kartel narkoba Santa Rosa de Lima, José Antonio Yépez Ortiz. Ia juga biasa dikenal sebagai "El Marro" atau The Sledgehammer.

Dari pernyataan pihak berwenang, Yepez Ortiz ditangkap pada Minggu (2/8) dini hari dalam penggerebekan di sebuah rumah di negara bagian Guanajuato. Setidaknya, ada lima orang lainnya yang ikut ditangkap dalam operasi gabungan tersebut.

Melansir 9News,/i>, seorang pengusaha perempuan yang diculik juga telah diselamatkan.

Dalam sebuah video yang diunggah di Twitter, Presiden Andrés Manuel López Obrador memuji penangkapan itu.

"Kementerian Pertahanan Nasional, dengan dukungan pemerintah setempat, mencapai penahanan yang sangat penting ini," kata Lopez Obrador.

"Kita harus terus memperhatikan penyebab yang memicu kekerasan. Kita mengatakan tidak untuk korupsi dan impunitas," sambungnya.

Selama ini, Lopez Obrador telah mendapat banyak kritikan dan kecaman karena pendekatannya terhadap kejahatan terorganisir dianggap tidak agresif. Ia bahkan dijuluki "abrazos, no balazo," yang berati "pelukan, bukan peluru".

Misalnya pada Oktober lalu, ketika pihak berwenang menangkap Ovidio Guzmán, putra mantan kepala Kartel Sinaloa Joaquin "El Chapo" Guzmán. Beberapa jam setelah ditahan, ia dibebaskan karena kartelnya menyandera beberapa petugas keamanan dan melumpuhkan kota Culiacan.

Pada Maret, Lopez Obrador juga dikritik karena berjabat tangan dengan ibu "El Chapo" selama kunjungan ke negara bagian Sinaloa.

Semenatar itu, kali ini, Yépez Ortiz yang berusia 40 tahun telah buron selama berbulan-bulan. Pihak berwenang juga meningkatkan pengawasan terhadap keluarga dan lingkaran terdekatnya.

Bos Kartel Santa Rosa de Lima tersebut dikenal karena telah terlibat dalam perjuangan berdarah untuk supremasi di negara bagian dengan Kartel Generasi Baru Jalisco (CJNG), salah satu geng paling kuat dan kejam di Meksiko. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.