Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Beri Sinyal Akan 'Usir' Wartawan China, Beijing Siapkan Serangan Balasan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 04 Agustus 2020, 10:15 WIB
AS Beri Sinyal Akan 'Usir' Wartawan China, Beijing Siapkan Serangan Balasan
Bendera Amerika Serikat dan China/Net
rmol news logo China akan mengambil tindakan timbal balik jika semua wartawannya di Amerika Serikat (AS) diusir. Tidak main-main, Beijing juga akan menargetkan wartawan AS di Hong Kong.

Demikian yang disampaikan oleh Pemimpin Redaksi Global Times, Hu Xijing pada Selasa (4/8). Surat kabar Global Times sendiri diterbitkan oleh People's Daily, media resmi Partai Komunis China.

"Mengingat bahwa pihak AS belum memperbarui visa wartawan China, pihak China telah mempersiapkan skenario terburuk bahwa semua wartawan China harus meninggalkan AS," ujar Hu dalam akun Twitter-nya seperti dikutip CNA.

"Jika itu masalahnya, pihak China akan membalas, termasuk menargetkan wartawan AS yang berasis di Hong Kong," sambungnya.

Perseteruan antara AS dan China telah melibatkan para wartawan dan media. Pada 22 Juni, Washington membuat empat organisasi media pemerintah China yang berbasis di AS sebagai bagian dari misi asing. Mereka adalah China Central Television, China News Service, People's Daily, dan Global Times.

Pada Februari, lima media China juga diklasifikasikan dengan status yang sama oleh Washington, sembari memerintahkan agar outlet-outlet tersebut memangkas setengah warga China yang bekerja di sana.

Adapun lima media tersebut adalah Xinhua, China Global Television Network, China Radio International dan distributor People's Daily.

Sebagai balasan, Beijing mengusir warga AS yang bekerja di tiga surat kabar besar, yaitu The New York Times, The Wall Street Journal, dan The Washington Post. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA