Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kebakaran Hebat Landa California, Ribuan Warga Terpaksa Mengungsi Di Tengah Wabah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 04 Agustus 2020, 10:56 WIB
Kebakaran Hebat Landa California, Ribuan Warga Terpaksa Mengungsi Di Tengah Wabah
Api tampak berkobar di pegunungan di belakang kawasan pemukiman penduduk di Los Angeles, California, Amerika Serikat/Net
rmol news logo Kebakaran hutan di area pegunungan sebelah timur Los Angeles, Amerika Serikat (AS) semakin mengkhawatirkan. Belum ada tanda-tanda api padam. Bahkan kondisi semakin buruk sehingga membuat ribuan orang mengungsi.

Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran negara bagian California menyebut, salah satu titik kebakaran paling hebat terjadi di Riverside County yang saat ini sudah menghanguskan lebih dari 106 kilometer persegi lahan sering dan kayu sejak Jumat malam (31/7).

Petugas pemadam kebakaran California mengatakan, api berkobar di sepanjang puncak pegunungan yang lebat dan mendekati rumah-rumah. Satu rumah dan dua bangunan luar dihancurkan.
 
Di California Utara, evakuasi diperintahkan setelah kebakaran hebat pada Minggu siang (2/8) menyebar dengan cepat dan membakar rumah-rumah di dekat  Waduk Taman Timur di Colusa County.

Jurubicara Palang Merah Amerika, John Medina menagtakan, hingga Senin pagi (3/8), api masih belum padam. Kondisi tersebut membuat pusat evakuasi menghadapi tekanan lantaran harus menerima banyak pengungsi di tengah tindakan pencegahan Covid-19.

Medina mengatakan, para relawan dalam kondisi yang membingungkan karena di satu sisi harus melakukan langkah-langkah pembatasan sosial, di sisi lain juga harus memberikan pendampingan.

"Maksud saya, itu bagian dari pemulihan bencana, adalah bahwa Anda harus menunjukkan kehangatan, cinta, dan kepedulian. Dan itu sulit ketika Anda berdiri enam kaki jauhnya. Jadi itu tantangan terbesar," ujarnya seperti dikutip The Independent.

Saat ini, pihak berwenang mengatakan masih melakukan penyelidikan untuk menentukan penyebab kebakaran yang bermula dari hanya dua titik api yang berdekatan di Cherry Valley, sebuah pedesaan di dekat kota Beaumont, sekitar 137 km sebelah timur pusat kota Los Angeles. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA