Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tanggapi Usulan Trump Tunda Pemilihan, Joe Biden: Itu Adalah Cara Untuk Menghindari Kekalahan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 04 Agustus 2020, 13:15 WIB
Tanggapi Usulan Trump Tunda Pemilihan, Joe Biden: Itu Adalah Cara Untuk Menghindari Kekalahan
Kandidat calon presiden dari partai Demokrat, Joe Biden/Net
rmol news logo Usulan Donald Trump yang meminta agar pemilihan ditunda karena adanya pandemik mengundang berbagai reaksi. Terutama ketika ditambahi pernyataan bahwa ia tidak mempercayai hasil suara yang menggunakan metode surat. Kandidat presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden, pun melontarkan kritikannya. Menurutnya, saran itu hanyalah upaya Trump menghindari kekalahan.

"Dia (Trump) menyarankan kita harus menunda pemilihan. Dia juga melemparkan kebohongan yang terang-terangan menuduh bahwa metode pemilihan dengan surat adalah penipuan. Itu sangat mengerikan," kata Biden.

Usulan Trump yang meminta agar pemilihan presiden yang dijadwalkan pada 3 November 2020 dimundurkan atau ditunda, telah ditolak oleh Demokrat dan rekan-rekannya dari Partai Republik di Kongres AS.

"Dia (Trump) menyerukan segala upaya untuk mengeksploitasi pandemik ini untuk tujuan politik. Itu mengalihkan perhatian dari kegagalan totalnya," kata Biden, seperti dikutip dari Reuters, Senin (3/8).

Dengan selalu menyarankan pemilihan ditunda dan menyatakan metode pemilihan lewat surat akan penuh kecurangan, dikhawairkan itu adalah pertanda Trump akan menolak hasil pilpres jika dia kalah.

Pada 3 November mendatang warga Amerika akan menentukan suara mereka. Di tengah penyebaran Covid-19 yang menghantam AS, warga menentukan pilihannya melalui surat, bukan memilih secara langsung. Hal ini sebagai tindakan untuk menjaga jarak sosial.

Namun, hal itu juga yang dikhawatirkan Trump sehingga ia menyarankan untuk ditunda. Menurutnya, pemungutan suara melalui surat-surat pada pemilihan November mendatang, akan menjadi 'pemilihan yang paling tidak akurat dan curang dalam sejarah'.

“Ini akan sangat memalukan bagi AS. Maka, tunda Pemilu sampai orang dapat memilih dengan benar, aman dan aman,” tekan Trump dalam tweetnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA