Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sebelum Pilpres, Trump Hanya Akan Sisakan Empat Ribu Pasukan AS Di Afganistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 04 Agustus 2020, 13:59 WIB
Sebelum Pilpres, Trump Hanya Akan Sisakan Empat Ribu Pasukan AS Di Afganistan
Amerika Serikat akan segera kurangi pasukannya di Afganistan/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) akan mengurangi kehadiran militernya di Afganistan menjadi sekitar 4.000 dalam waktu dekat atau sebelum pemilihan presiden pada November 2020.

Begitu yang disampaikan oleh Presiden Donald Trump dalam sebuah wawancara dengan situs berita AS, Axios yang disiarkan pada Senin (3/8), mengutip Sputnik.

"Sebagian besar dari kita keluar dari Afganistan," ungkap Trump pasti.

"Kita akan menurunkan jumlahnya dalam waktu yang sangat singkat menjadi 8.000, kemudian turun menjadi 4.000. Kami sedang bernegosiasi sekarang," sambungnya.

Ketika ditanya waktu yang ditargetkan, Trump tidak memberikan jawaban pasti. Ia hanya mengatakan segera. Namun, ketika pemilihan presiden AS pada 3 November 2020, ia ingin memastikan jumlah pasukan AS di Afganistan berkisar antara 5.000 hingga 4.000.

Pernyataan Trump sendiri memperkuat komentar Menteri Luar Negeri Mike Pompeo pada pekan lalu. Di mana ia mengatakan, Trump berharap bisa menarik semua pasukan AS yang tersisa di Afganistan pada Mei 2021.

Penarikan pasukan AS tersebut sebagai bagian dari kesepakatan perjanjian damai antara Washington dan Taliban di Doha, Qatar pada 29 Februari.

Sebagai balasan atas penarikan pasukan AS, Taliban akan mengurangi kekerasan dan ikut memulai proses pembicaraan intra-Afganistan untuk mencapai perdamaian yang berkelanjutan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA