Selamat Idul Fitri

LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 05 Agustus 2020, 00:39 WIB
WHO Ajak Ilmuwan Wuhan Diskusi Soal Asal Usul Virus Corona
Seorang dokter yang mengenakan kacamata pelindung sebelum memasuki ruang isolasi di rumah sakit di Wuhan pada Januari 2020 lalu/Reuters
rmol news logo Tim dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) saat ini tengah melakukan diskusi ekstensif serta bertukar pikiran dengan para ilmuwan di kota Wuhan, China untuk mencari tahu asal usul virus corona atau Covid-19 yang saat ini menjadi pandemi global.

Wuhan diketahui adalah kota pertama yang mengalami penyebaran virus corona.

Dalam sebuah pernyataan, seorang jurubicara WHO, Christian Lindmeier menjelaskan bahwa pembicaraan yang dilakukan termasuk soal pembaruan pada penelitian kesehatan hewan. Hal ini berkaitan dengan rumor yang menyebut bahwa virus corona pertama kali muncul dari pasar satwa liar di Wuhan.

"Tim tersebut melakukan diskusi ekstensif dengan rekan-rekan China dan menerima pembaruan tentang studi epidemiologi, analisis biologis dan genetik, serta penelitian kesehatan hewan," kata Lindmeier seraya menambahkan bahwa diskusi yang dilakukan melalui sambungan video itu juga dilakukan dengan ahli virologi di Wuhan.

Dikabarkan Channel News Asia (Selasa, 4/8), penyelidikian ini merupakan bagian dari misi WHO untuk menemukan asal usul virus corona. Meski begitu, Lindmeier tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang waktu atau komposisi misi yang lebih luas.

Sebelumnya, WHO juga memperkirakan bahwa virus corona kemungkinan besar berasal dari kelelawar dan mungkin memiliki "inang" hewan perantara lainnya.

Hasil penyelidikan WHO tersebut sangat ditunggu-tunggu oleh para ilmuwan dan banyak pemerintah di seluruh dunia yang saat ini masih berjuang melawan pandemi virus corona. rmol news logo article