Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diprotes Soal Penangkapan Aktivis, Presiden Zimbabwe: Apel Busuk Yang Berusaha Memecah Belah Bangsa Akan Musnah!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 05 Agustus 2020, 08:42 WIB
Diprotes Soal Penangkapan Aktivis, Presiden Zimbabwe: Apel Busuk Yang Berusaha Memecah Belah Bangsa Akan Musnah!
Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa/Net
rmol news logo Berbagai kelompok hak asasi manusia melaporkan puluhan aktivis telah ditangkap oleh aparat keamanan pemerintah Zimbabwe karena menyuarakan protes anti pemerintah.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Sementara itu, Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa memperingatkan bahwa dia akan mengusir 'apel busuk' dan siapa pun yang menentang pemerintahannya.

“Apel busuk yang telah berusaha untuk memecah belah bangsa dan melemahkan sistem kami akan musnah,” katanya tegas dalam sebuah pidato nasional darurat, seperti dikutip dari AFP, Selasa (4/8).

Mnangagwa, yang mengambil alih dari penguasa lama Robert Mugabe setelah kudeta pada November 2017, mengatakan pemerintahannya menghadapi banyak rintangan dan serangan termasuk perpecahan politik dari beberapa elemen oposisi.

“Kami akan mengatasi upaya destabilisasi masyarakat kami dengan beberapa warga Zimbabwe nakal yang bertindak bersama dengan para pencela asing,” ungkapnya.

Di lain pihak  pengacara Hak Asasi Manusia Zimbabwe mengatakan pada hari Selasa (4/8) bahwa pihaknya telah mewakili lebih dari 20 orang yang ditangkap sejak pekan lalu ketika pihak berwenang menggagalkan protes anti-pemerintah Jumat lalu.

Di antara mereka yang ditangkap adalah penulis utama Zimbabwe, Tsitsi Dangarembga, dan Fadzayi Mahere, seorang pengacara dan juru bicara partai oposisi utama Gerakan untuk Aliansi Perubahan Demokratis (Aliansi-MDC). Keduanya dituduh menghasut kekerasan publik, namun tak lama mereka dibebaskan dengan jaminan.

Wakil presiden MDC-Alliance Tendai Biti mengatakan situasi menjadi tidak bisa dipertahankan. Dia mengutuk rezim karena menutup ruang politik, terlibat secara besar-besaran dalam korupsi dan menyalahgunakan konstitusi.

“Kami berada pada titik kritis, sesuatu akan terjadi” kata Biti yang memperingatkan bahwa kudeta militer lain mungkin akan seger terjadi.

Tindakan keras pemerintah terbaru memicu kemarahan di media sosial dengan tagar #ZimbabweanLivesMatter yang menjadi trending topic di seluruh dunia di Twitter sejak Senin (3/8).

Selebriti dan politisi di seluruh dunia telah memposting kemarahan atas penangkapan yang baru-baru ini terjadi dan mengutuk penindasan terhadap gerakan protes di Zimbabwe yang terjadi beberapa tahun lalu saat tentara menembaki para demonstran yang menginginkan penundaan hasil pemilihan tak lama sebelum Mnangagwa resmi menjabat pada 2018 yang menewaskan sedikitnya enam orang dan melukai puluhan orang lainnya.

17 pengunjuk rasa lainnya ditembak mati pada Januari tahun lalu saat pawai menentang kenaikan harga bahan bakar yang dibubarkan oleh tentara.

Aktivis dan tokoh oposisi diduga diculik secara teratur oleh agen pemerintah dan beberapa di antaranya dilecehkan secara fisik.

“Pola ini mulai terbentuk, Pasukan keamanan terlibat dalam penculikan, penyiksaan, pelecehan dan membungkam kritik pemerintah,” kata Dewa Mavhinga, direktur Human Rights Watch untuk Afrika Selatan.

Mavhinga khawatir retorika keras Mnangagwa bisa menjadi pertanda tindakan keras yang lebih besar.

“Ini benar-benar menakutkan, Kami kemungkinan akan melihat peningkatan serangan para kritikus pemerintah karena inilah yang terjadi di masa lalu,” ungkapnya.

Sementara itu Amnesty International mengutuk apa yang disebutnya “perburuan penyihir dan penindasan perbedaan pendapat yang damai.”

Aktivis hak asasi manusia Zimbabwe Jestina Mukoko menyesalkan kurangnya akuntabilitas baik dalam pemerintahan dan kepolisian.

“Kami menderita penindasan dan kriminalisasi terhadap pekerjaan hak kami,” katanya, seraya menambahkan bahwa demokrasi telah “dikompromikan.”

Aktivis Douglas Mahiya mencatat bahwa agen negara telah menggunakan kekerasan terhadap demonstrasi damai.

"Ini adalah pemerintah yang paling kejam tanpa menghormati rakyatnya," kata Mahiya, yang memimpin koalisi 80 kelompok masyarakat sipil setempat. "Itu tidak tahu apa-apa seperti brutal."

Sementara itu pemimpin oposisi radikal Afrika Selatan Julius Malema pada hari Selasa menuntut penutupan segera Kedutaan Besar Zimbabwe sampai mereka memulihkan hak asasi manusia di negara itu.

Ilmuwan politik Zimbabwe Richard Mahomva menyarankan Mnangagwa bertindak untuk membela diri dari "proyek perubahan rezim".

“Ada indikasi peran besar intelijen negara (terhadap) elemen anti kemapanan. Ini bisa berasal dari tradisional, tetapi sekarang ancaman eksistensial meningkat yang diajukan kepada penguasa (partai).” rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA