Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sindir China, Menkes AS Kunjungi Taiwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 05 Agustus 2020, 12:59 WIB
Sindir China, Menkes AS Kunjungi Taiwan
Sekretaris Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat (AS), Alex Azar/Net
rmol news logo Kunjungan Sekretaris Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat (AS), Alex Azar ke Taiwan tampaknya akan memicu gelombang baru permusuhan dengan China.

Selama kunjungannya yang dijadwalkan beberapa hari mendatang, Kementerian Luar Negeri Taiwan menyatakan, Azar akan melakukan pertemuan dengan Presiden Tsai Ing-wen.

Dari pernyataannya, Azar mengatakan, kunjungannyaditujukan sebagai apresiasi karena Taiwan adalah model penanganan wabah Covid-19 yang baik.

"Taiwan telah menjadi model transparansi dan kerja sama dalam kesehatan global selama pandemik Covid-19 dan jauh sebelum itu," ujar Azar seperti dikutip Reuters.  

"Saya berharap dapat menyampaikan dukungan Presiden (Donald) Trump untuk kepemimpinan kesehatan global Taiwan dan menggarisbawahi keyakinan kita bersama bahwa masyarakat yang bebas dan demokratis adalah model terbaik untuk melindungi dan mempromosikan kesehatan," sambungnya.

Pernyataan Azar sendiri tampak seakan memojokkan China yang selama ini dikritik karena tidak transparan sejak awal wabah berlangsung.

Tidak sendiri, Azar akan ditemani oleh Kepala Petugas Medis Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), Mitchell Wolfe dan anggota lainnya dalam kunjungan "bersejarah" tersebut.

Taiwan pun menyambut hangat kunjungan Azar. Secara khusus, pulau tersebut berterima kasih kepada Washington yang selalu mendukungnya di forum internasional, terutama Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Kunjungan Azar merupakan kunjungan pejabat tinggi AS pertama selama empat dekade terakhir. Pada 2014, Kepala Badan Perlindungan Lingkungan AS, Gina McCarthy mengunjungi Taiwan. Namun posisinya jauh lebih rendah dari Azar.

Pada April, Azar juga telah mengadakan konferensi video dengan Menteri Kesehatan Taiwan Chen Shih-chung, yang juga akan ia temui dalam perjalanannya.

Kunjungan ini tampaknya akan semakin memperpanas hubungan Beijing dan Washington yang dalam beberapa waktu terakhir berada di titik terendah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA