Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komitmen Indonesia Jaga Multilateralisme Dan Solidaritas Global Tuai Pujian Internasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Kamis, 06 Agustus 2020, 20:35 WIB
Komitmen Indonesia Jaga Multilateralisme Dan Solidaritas Global Tuai Pujian Internasional
UN Resident Coordinator (UNRC) ad-interim untuk Indonesia, Niels Scott memuji upaya Indonesia dalam menjaga multilateralisme dan solidaritas global di tengah pandemik/RMOL
rmol news logo Pandemik virus corona atau Covid-19 yang saat ini masih menghantui banyak negara di dunia menjadi tantangan tersendiri bagi multilateralisme.

Padahal, dalam ranah hubungan internasional multilateralisme sangat penting untuk menunjukkan kerjasama antar beberapa negara.

"Covid-19 yang menyebar dengan cepat secara global membawa tantangan tersendiri dalam multilateralisme," kata UN Resident Coordinator (UNRC) ad-interim untuk Indonesia, Niels Scott dalam webinar bertajuk "Multilateralism during a pandemic: Indonesia's perspective" yang digelar pada Kamis (6/8).

Meski begitu, Indonesia dipandang sebagai negara yang konsisten dalam menegakkan prinsip multilateralisme di tengah pandemik Covid-19.

"Tapi saya apresiasi Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi untuk menjalankan komitmen kuat Indonesia untuk multilateralisme dan solidaritas global selama masa sulit ini," sambungnya.

Menurutnya, pandemik Covid-19 membuat banyak negara di dunia mengubah pendekatan ke arah unilateralisme.

"Saya menggarisbawahi Indonesia tetap menggunakan pendekatan inklusif dalam diplomasi sambil tetap menjaga kemitraan global dengan baik," jelasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA