Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Brasil Sisihkan Rp 5,2 Triliun Untuk Beli Vaksin Covid-19 Buatan AstraZeneca

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 07 Agustus 2020, 08:58 WIB
Brasil Sisihkan Rp 5,2 Triliun Untuk Beli Vaksin Covid-19 Buatan AstraZeneca
Ilustrasi vaksin Covid-19/Net
rmol news logo Brasil telah menyiapkan anggaran sebesar 356 juta dolar AS atau setara dengan Rp 5,2 triliun (Rp 14.600/dolar AS) untuk membeli vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi Inggris, AstraZeneca dan Universitas Oxford.

Presiden Jair Bolsonaro pun sudah mengeluarkan dekrit terkait dengan penyisihan anggaran tersebut pada Kamis (6/8).

Sementara, menurut Menteri Kesehatan Jenderal Eduardo Pazuello, vaksin tersebut baru dapat tersedia untuk warga Brasil pada Desember 2020 atau Januari 2021.

"Januari adalah taruhan terbaik. Vaksin ini adalah solusi untuk mengakhiri pandemik," ujar Pazuello saat melakukan siaran langsung di Facebook, mengutip Reuters.

Ia mengatakan, untuk tahap pertama, Brasil akan mendapatkan 100 juta dosis vaksin yang memungkinkan untuk dilakukannya vaksinasi pada setengah populasi negara. Setelah itu, vaksin akan diproduksi secara lokal.

Kandidat vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh AstraZeneca dianggap menjadi yang terdepan dalam pengembangan vaksin global saat ini. Pada Kamis, AstraZeneca juga sudah membuat kesepakatan untuk memproduksi vaksin di China.

Sejak awal wabah, Bolsonaro telah banyak dikritik karena meminimalkan ancaman pandemik. Alih-alih memberlakukan kuncian atau pembatasan sosial, ia lebih khawatir dengan angka pengangguran yang semakin tinggi di Brasil.

Bolsonaro pun sempat terinfeksi Covid-19 dan saat ini dinyatakan negatif.

Kementerian Kesehatan Brasil pada Kamis melaporkan 53.139 kasus baru Covid-19 dalam sehari dengan 1.237 kematian. Totalnya, Brasil sudah mencatat hampir 3 juta kasus yang dikonfirmasi dengan angka kematian meningkat menjadi lebih dari 98 ribu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA