Kontributor Media Jerman Ditangkap Aparat Keamanan Belarus, Diduga Terkait Pemilihan Presiden

Unjuk rasa untuk mendukung calon potensial telah diadakan di ibukota Minsk/Net

Jelang pemilihan presiden yang akan digelar pada Minggu (9/8), pemerintah Belarus menargetkan penangkapan terhadap wartawan independen, salah satu yang menjadi korban adalah seorang reporter media Jerman Deutsche Welle (DW).

Jurnalis lepas Alexander Burakov, yang menjadi koresponden dari Belarus untuk layanan DW berbahasa Rusia, sedang bersiap untuk merayakan ulang tahun ke-46 bersama keluarganya pada hari Kamis (6/8). Namun malang ia malah ditahan di sel penahanan sementara setelah ditangkap sebanyak dua kali oleh polisi di kampung halamannya, Mogilyov, sekitar 200 kilometer di timur ibukota, Minsk.

Burakov dihentikan oleh polisi pada Rabu malam (5/8) waktu setempat karena dicurigai ‘mengangkut alkohol palsu’, katanya kepada pusat hak asasi manusia non-pemerintah Viasna.

Setelah polisi memeriksa mobil Burakov dan tidak menemukan apa pun, petugas menuding bahwa kendaraan yang dimilikinya sejak 2013 itu adalah hasil curian dan nomor identifikasi mobil tersebut mungkin telah dipalsukan. Akibatnya, wartawan tersebut dibawa ke kantor polisi setempat.

Beberapa jam kemudian, Burakov dibebaskan - hanya untuk ditangkap lagi setelah keluar beberapa langkah dari kantor polisi. Boris Vyrvich, kepala cabang lokal Asosiasi Jurnalis Belarusia di Mogilyov, mengatakan kepada DW bahwa menurut para saksi, Burakov telah bertengkar dengan seorang wanita tak dikenal di depan kantor polisi dan berteriak: "Ini provokasi." Setelah itu, dia ditangkap.

Penangkapan Rabu malam menjadi yang kedua bagi Burakov dalam dua bulan terakhir. Dia sebelumnya ditangkap pada 8 Mei dan dijatuhi hukuman kurungan selama 10 hari di fasilitas penahanan sementara. DW mencoba menghubungi Burakov beberapa kali pada hari Kamis tetapi telepon genggamnya dimatikan.

Burakov sebenarnya sudah menduga akan ditahan. Beberapa hari sebelum penangkapan, dia memberi tahu DW bahwa dirinya merasa khawatir tentang kemungkinan upaya pihak berwenang untuk mencegah jurnalis independen yang meliput pemilihan presiden.

DW mengutuk penangkapan Burakov dan meminta pihak berwenang untuk menjamin kebebasan pers di Belarusia.

“Upaya intimidasi terhadap koresponden kami, Burakov, menunjukkan dengan sangat jelas situasi sulit bagi wartawan di Belarus,” kata Manuela Kasper-Claridge, pemimpin redaksi DW, dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari AFP, Jumat (7/8).

Burakov menjadi reporter terbaru yang ditangkap dalam tindakan keras pemerintah terhadap jurnalis dan blogger. Pengamat hak asasi yang dihubungi DW mengatakan bahwa penargetan jurnalis terkait erat dengan pemilihan presiden hari Minggu mendatang.

“Jurnalis dituntut, dihalangi dari pekerjaan mereka dan bahkan ditangkap. Ini tidak dapat diterima dan harus dikutuk dengan keras. Saya mengimbau para pejabat di Belarus untuk akhirnya memperhatikan kebebasan pers dan membiarkan jurnalis bekerja tanpa hambatan,” kata Kasper-Claridge.

Kepala  Asosiasi Jurnalis Andrey Bastunets  mengatakan Belarusia telah menghitung lebih dari 100 kasus penuntutan terhadap anggota pers di seluruh negeri sejak Januari. 80 persen di antaranya terjadi setelah dimulainya kampanye presiden pada awal Mei.

Dia mengatakan pihak berwenang jelas ingin mencegah pengamat independen dan jurnalis meliput pemilihan.

Kelompok advokasi media internasional Reporters Without Borders meminta pihak berwenang di Belarus untuk memastikan bahwa liputan independen akan tetap diizinkan, dan untuk mengatasi penganiayaan jurnalis oleh polisi. Jurnalis asing juga dilarang bekerja secara bebas, “atas perintah Presiden Alexander Lukashenko”, lapor kelompok itu.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

BREAKING NEWS: Pasar Cepogo Boyolali Terbakar

Kamis, 17 September 2020
Video

Menguji Erick Thohir dan Jokowi, Kejanggalan Pertamina Gamblang Diurai Ahok

Jumat, 18 September 2020

Artikel Lainnya

Gelar Upacara Rahasia, Alexander Lukashenko Dilantik Jadi Presiden Belarusia
Dunia

Gelar Upacara Rahasia, Alexa..

23 September 2020 18:49
Muhyiddin: Sebelum Pernyataan Anwar Ibrahim Terbukti, Saya PM Malaysia Yang Sah
Dunia

Muhyiddin: Sebelum Pernyataa..

23 September 2020 18:30
Renegosiasi Proyek KF-X/IF-X, Pejabat Korsel Terbang Ke Jakarta
Dunia

Renegosiasi Proyek KF-X/IF-X..

23 September 2020 18:12
Mahathir Mohamad: Dana Pemilu Sabah Lebih Baik Digunakan Untuk Tangani Wabah Covid-19
Dunia

Mahathir Mohamad: Dana Pemil..

23 September 2020 17:44
Anwar Ibrahim Berkoar-koar Bentuk Pemerintahan Baru, Muhyiddin Yassin Masih Adem Ayem
Dunia

Anwar Ibrahim Berkoar-koar B..

23 September 2020 16:52
Mahathir Mohamad: Bukan Kali Pertama Anwar Ibrahim Ingin
Dunia

Mahathir Mohamad: Bukan Kali..

23 September 2020 16:28
Di Sidang PBB Rouhani Kecam AS: Hidup Kami Menjadi Sulit Di Bawah Sanksi, Tapi Lebih Sulit Lagi Jika Tanpa Kemerdekaan
Dunia

Di Sidang PBB Rouhani Kecam ..

23 September 2020 15:28
Wartawan AS Ditemukan Tewas Mencurigakan Dalam Mobil Sewaan Di Turki
Dunia

Wartawan AS Ditemukan Tewas ..

23 September 2020 15:13