Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemilu Sri Lanka: Biksu Galagoda Atte Gnanasara Yang Terkenal Anti-Islam Menangkan Satu Kursi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 08 Agustus 2020, 07:53 WIB
Pemilu Sri Lanka: Biksu Galagoda Atte Gnanasara Yang Terkenal Anti-Islam Menangkan Satu Kursi
Biksu Galagoda Atte Gnanasara/Net
rmol news logo Hasil pemilu Sri Lanka yang diumumkan pada Jumat (7/8) menyebutkan, satu kursi parlemen berhasil diraih seorang biksu Buddha, Galagoda Atte Gnanasara.

Komite pusat partai menominasikan Gnanasara, pimpinan Partai Kuasa Rakyat Kita, untuk duduk di parlemen yang beranggotakan 225 orang itu, kata seorang juru bicara dikutip dari AFP, Jumat (6/8).

Sejauh ini, Gnanasara dikenal sering menghasut kejahatan rasial terhadap umat Islam. Gnanasar juga memiliki catatan buruk lainnya. Pada 2018, pengadilan di Sri Langka memvonis Gnanasara dengan hukuman enam tahun penjara karena mengintimidasi istri. Dia juga dihukum karena menghina pengadilan.

Kejahatannya mendapat ampunan dari presiden. Baru sembilan bulan menjalani masa hukumannya, Gnanasara dibebaskan.

Gnanasara memiliki hubungan dekat dengan Ashin Wirathu, biarawan ekstremis Buddha di Myanmar yang hasutannya telah memicu ketegangan agama di negara itu. Wirathu mengunjungi Sri Lanka sebagai tamu Gnanasara tak lama setelah kerusuhan anti-Muslim 2014.

Pemilihan parlemen pertama di Asia Selatan yang diadakan di tengah pandemi Covid-19 memiliki jumlah pemilih hampir 71 persen. Sri Lanka tidak memiliki parlemen sejak Maret. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA