Madagaskar Distribusikan Bantuan Darurat Covid-19, Presiden Rajoelina: Perawatan Dan Pengobatan Pasien Virus Corona Semua Gratis!

Presiden Madagaskar Andry Rajoelina/Net

Presiden Madagaskar Andry Rajoelina mengunjungi CHU Manarapenitra yang berlokasi di Mitsinjo Betanimena di hari kedua kunjungannya di kota Toliara pada Jumat (7/8). Tercatat ada 42 pasien Covid-19 termasuk 3 orang dengan kondisi parah, tengah dirawat di Rumah Sakit Pusat Mitsinjo Betanimena ini.

Menurut Direktur Kesehatan Regional di Toliara, wilayah tersebut telah mencatat 99 kasus positif Covid-19 sejak 23 Maret, termasuk 3 kematian dan 57 dinyatakan pulih. Dari 57 pasien yang pulih, 31 di antaranya mengaku karena didukung dengan obat CVO.

Rajoelina menyatakan dukungannya kepada staf medis yang berada di garis depan dalam memerangi pandemik. Sebagai motivasi, dia memberi mereka ganti rugi dan premi risiko kepada paramedis itu.

Rumah Sakit Mitsinjo Betanimena juga telah dilengkapi dengan beberapa peralatan medis, di antaranya konsentrator oksigen, serta beberapa obat yang diperlukan untuk mengobati Covid-19, termasuk obat herbal Covid Organics.

Pusat rumah sakit itu juga memiliki generator oksigen namun saat ini alat-alat tersebut memiliki beberapa kerusakan. Untuk mengatasinya, Rajoelina mengumumkan bahwa perangkat itu akan menjalani perawatan yang akan dilakukan oleh teknisi khusus, sehingga dapat digunakan kembali.

Rajoelina kemudian melanjutkan perjalanan ke CSB atau Pusat Kesehatan Dasar di Tanambao untuk mengunjungi pasien Covid-19 tanpa gejala serius.

“Kita harus langsung mengobati orang yang tidak menunjukkan gejala tanpa menunggu tes agar dapat secara efektif mengalahkan penyakitnya,” kata Rajoelina.

Selain memberikan insentif tambahan kepada seluruh petugas yang terkait dengan penanganan Covid-19, CSB Tanambao juga menerima peralatan medis dan obat-obatan yang ditujukan untuk pengobatan Covid-19.

Dalam pidatonya, Presiden Andry Rajoelina mengajak masyarakat dengan gejala Covid-19 untuk segera mengunjungi salah satu dari 3 pusat perawatan virus corona di kota Toliara, yakni  Tanambao, Betania, dan Sanfil. “Perawatan dan pengobatan virus corona tetap gratis,” katanya.

Mengakhiri tur mereka di kawasan Atsimo Andrefana, Presiden Andry Rajoelina dan istrinya secara resmi meluncurkan distribusi kampanye 'Tosika Fameno', bantuan darurat Covid-19 di Toliara. Dengan demikian, 23.000 rumah tangga yang membutuhkan akan mendapatkan manfaat dari bantuan hingga 100.000 Ariary per rumah tangga. Pelaksanaan bansos ini merupakan hasil kerja sama dengan World Food Program (WFP).

BOA Bank juga akan berpartisipasi dalam pendistribusian jumlah yang akan dialokasikan untuk rumah tangga yang tidak dapat mengakses pembayaran melalui mobile banking.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Farah ZoomTalk Spesial Ramadhan • Salam sehat, bahagia penuh kegembiraan

Rabu, 05 Mei 2021
Video

Indonesia Bangkit Pembangunan Ekonomi

Kamis, 06 Mei 2021
Video

Tanya Jawab Cak Ulung • Tragedi Nanggala, Lalu Apa?

Kamis, 06 Mei 2021

Artikel Lainnya

Pashinyan: Rusia Banyak Mengulurkan Tangan Untuk Armenia, Mulai Dari Perdamaian Hingga Pandemi
Dunia

Pashinyan: Rusia Banyak Meng..

07 Mei 2021 06:26
Blinken:  Kami Tidak Mengatakan Anda Harus Memilih China Atau AS, Tapi Barat Perlu Berhati-hati
Dunia

Blinken: Kami Tidak Mengata..

07 Mei 2021 06:02
'Tsunami' Covid-19 India Bikin Waswas, Negara Tetangga Kompak Tutup Perbatasan
Dunia

'Tsunami' Covid-19 India Bik..

06 Mei 2021 22:26
Geser Spanyol Dan AS, China Jadi Pasar Teratas Cerutu Legendaris Kuba
Dunia

Geser Spanyol Dan AS, China ..

06 Mei 2021 17:33
Trump Diusir Lagi, Twitter Tangguhkan Akun 'From the Desk of Donald J. Trump'
Dunia

Trump Diusir Lagi, Twitter T..

06 Mei 2021 17:31
Bolsonaro: Rusia Dan Putin Sangat Menarik Untuk Brasil
Dunia

Bolsonaro: Rusia Dan Putin S..

06 Mei 2021 15:37
Disuntik Vaksin Sinopharm Tanpa Izin, Duterte: Jangan Ikuti Saya, Berbahaya!
Dunia

Disuntik Vaksin Sinopharm Ta..

06 Mei 2021 15:29
Laju Pandemi Belum Terkendali, Gubernur Tokyo Pertimbangkan Opsi Perpanjangan Keadaan Darurat
Dunia

Laju Pandemi Belum Terkendal..

06 Mei 2021 15:08