Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kematian Akibat Covid-19 Terus Meroket, Presiden Meksiko: Situasi Kita Lebih Baik Daripada AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 09 Agustus 2020, 07:47 WIB
Kematian Akibat Covid-19 Terus Meroket, Presiden Meksiko: Situasi Kita Lebih Baik Daripada AS
Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador/Net
rmol news logo Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador menjadikan Amerika Serikat (AS) sebagai target pembandingnya dalam penanganan Covid-19.

Di tengah tekanan karena kurang tegasnya aturan pembatasan sosial di Meksiko dan tingginya angka kematian akibat Covid-19, Lopez Obrador mengatakan, wabah virus corona lebih buruk di AS.

"Situasi kita lebih baik. Kita memiliki lebih sedikit masalah daripada masalah yang, sayangnya, mereka (AS) hadapi," ujarnya dalam konferensi pers, melansir Sputnik, Sabtu (8/8).

Lopez Obrador kemudian menyoroti bagaimana cepatnya pemerintahan Presiden Donald Trump sudah mencabut peringatan Level 4 yang melarang adanya perjalanan ke luar negeri. Sementara AS berada dalam kondisi wabah yang mengkhawatirkan.

Ia mengatakan, Departemen Luar Negeri Meksiko justru memberikan larangan bepergian Level 4 saat ini, bersama dengan lebih dari 50 negara lainnya.

"Wisatawan ke Meksiko mungkin mengalami penutupan perbatasan, penutupan bandara, larangan perjalanan, keharusan tinggal di rumah, penutupan bisnis, dan kondisi darurat lainnya karena Covid-19," bunyi pengumuman Departemen Luar Negeri Meksiko.

Di dalam pernyataannya, Lopez Obrador mengkritik media yang menekankan tingginya angka kematian akibat Covid-19 di Meksiko. Ia mengatakan, Meksiko memiliki kematian yang jauh lebih sedikit baik secara absolut maupun per kapita dari AS.

Perhitungan Universitas Johns Hopkins menunjukkan, Meksiko berada pada tingkat ketiga secara global untuk angka kematian Covid-19 tertinggi, yaitu 51.300. Sedangkan AS memiliki sekitar 160 ribu kematian dan Brasil hampir 100 ribu kematian.

Kendati begitu, jika dihitung untuk kematian per kapita, Meksiko berada pada posisi ke-13 dengan 40 kematian per 100 ribu orang, lebih baik dari Chili, Peru, dan Brasil. AS sendiri memiliki 49 kematian per 100 ribu orang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA