Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bawa Pulang Ratusan Warga Kolombia, Garuda Pererat Hubungan Jakarta-Bogota

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 10 Agustus 2020, 17:47 WIB
Bawa Pulang Ratusan Warga Kolombia, Garuda Pererat Hubungan Jakarta-Bogota
Garuda Indonesia/Net
rmol news logo Bertubuh emas, berwajah putih, bersayap merah. Paruh dan sayapnya mirip elang, namun tubuhnya mirip manusia. Ukurannya yang sangat besar dapat menghalangi matahari. Itu adalah Garuda, lambang negara Indonesia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Garuda diambil dari mitologi India kuno, nama wahana tunggangan Dewa Wisnu.

Garuda telah menjadi simbol bagaimana Indonesia bisa mengepakan sayapnya ke berbagai penjuru dunia, terlepas dari perbedaan benua. Filosofi tersebut tampaknya membuat Indonesia menamai maskapai nasionalnya dengan Garuda.

Garuda pun saat ini menjadi simbol betapa dekatnya hubungan Indonesia dan Kolombia. Maskapai pembawa bendera tersebut membantu Kolombia untuk merepatriasi warganya di tengah Covid-19.

Dutabesar Kolombia untuk Indonesia, Juan Camilo Valencia Gonzalez mengatakan, kerja sama dua negara di tengah pandemik Covid-19 tidak bisa terlepas dari peran Garuda.

"Saya tidak bisa menutup bab kerja sama bilateral tanpa menyoroti kerja sama yang dilakukan PT Inuki dan Garuda Indonesia untuk pemulangan 366 warga negara Kolombia yang terjebak akibat pandemik," ujarnya dalam webinar RMOL World View bertajuk "Indonesia-Kolombia: 40 Tahun Yang Manis Di Tengah Covid-19 Yang Miris" pada Senin (10/8).

"Tidak ada cara lain bagi orang Kolombia kami untuk kembali ke negaranya, melainkan dengan Garuda," sambungnya.

Valencia Gonzalez menyebut, Garuda Indonesia telah membantu repatriasi ratusan warga Kolombia yang berada di 19 negara berbeda di empat benua, termasuk Thailand, Malaysia, Hong Kong, Singapura, Australia, Indonesia, dan India.  

Tepatnya pada 17 Mei, Kolombia menyambut pesawat Garuda pertama yang membawa pulang keluarga, teman, dan kerabat mereka di Bandara Internasional El Dorado, Bogota. Itu merupakan repatriasi pertama yang dilakukan oleh Kolombia dan menjadi operasi yang sempurna.

"Hasilnya menunjukkan kepada kita bahwa bagi Kolombia dan Indonesia tidak ada yang mustahil!" ucapnya.

Sebelum melakukan repatriasi, ia menjelaskan, pihaknya melakukan banyak pertemuan dengan pihak Garuda Indonesia dan PT Inuki guna mencari rute terbaik untuk membawa pulang warga Kolombia.

Alhasil, keberhasilan operasi tersebut membuka peluang baru bagi Garuda di pasar Amerika Latin, khususnya Kolombia.

"Operasi yang sukses ini memungkinkan negara kami untuk mengidentifikasi peluang yang tak terhitung jumlahnya yang ada untuk Garuda Indonesia di Kolombia," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA