Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Konvoi Kendaraan Pembawa Peralatan Pasukan AS Jadi Target Ledakan Saat Melintas Dekat Penyeberangan Irak-Kuwait

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 11 Agustus 2020, 07:42 WIB
Konvoi Kendaraan Pembawa Peralatan Pasukan AS Jadi Target Ledakan Saat Melintas Dekat Penyeberangan Irak-Kuwait
Konvoi pasukan AS di perbatasan Irak/Net
RMOL.  Pasukan keamanan Irak melaporkan sebuah ledakan yang menargetkan konvoi yang membawa peralatan pasukan AS di dekat perbatasan Jraischan yang melintasi perbatasan Irak dan Kuwait pada Senin malam (10/8) waktu setempat.

Belum dijelaskan apakah ada tentara AS dalam konvoi itu yang menjadi korban.

Ledakan terjadi pada Senin malam sebelum pukul 21.00 waktu Baghdad. Pihak militer Irak telah membantah terlibat dalam insiden tersebut.

Sumber keamanan Irak mengatakan, kendaraan secara teratur memuat peralatan militer di persimpangan, dan kargo biasanya dimuat atau dibongkar sebelum masuk atau keluar Irak. Pasukan AS juga mengontrak perusahaan keamanan asing untuk menjaga keamanan di daerah itu.

Sebelumnya, sumber keamanan mengatakan bahwa ledakan itu disebabkan oleh milisi Muslim Syiah Irak yang menargetkan pangkalan militer AS di dekat perlintasan dengan menyelundupkan alat peledak, dan beberapa staf di pangkalan itu terluka.

Ini kemudian dibantah oleh sumber keamanan lain yang mengatakan serangan itu bukan menargetkan pangkalan melainkan iring-iringan konvoi, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (11/8).

Kedutaan Besar AS di Kuwait mengatakan sedang menyelidiki masalah tersebut.

Sebuah kelompok milisi Syiah Irak yang kurang dikenal bernama Ashab Al-Kahf mengaku bertanggung jawab atas serangan itu dan menerbitkan video yang menunjukkan ledakan dari kejauhan. Dikatakan ledakan itu mampu menghancurkan peralatan militer AS dan sebagian besar tempat penyeberangan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA