Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Penangkapan Jimmy Lai, Menlu Pompeo: Partai Komunis China Kikis Kebebasan Warga Hong Kong

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 11 Agustus 2020, 09:19 WIB
Soal Penangkapan Jimmy Lai, Menlu Pompeo: Partai Komunis China Kikis Kebebasan Warga Hong Kong
Penangkapan Jimmy Lai/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) menyoroti penangkapan yang tidak wajar terhadap seorang taipan pro-demokrasi Hong Kong, Jimmy Lai. Washington menuding Beijing sudah menyerang hak dan kebebasan warga Hong Kong.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengatakan, penangkapan Lai pada Senin (10/8) merupakan bukti bahwa Partai Komunis China telah mengikis hak-hak yang dimiliki warga Hong Kong dan ia sangat terganggu karenanya.

"Saya sangat terganggu dengan laporan penangkapan Jimmy Lai berdasarkan UU keamanan nasional Hong Kong yang kejam," ujar Pompeo dalam cuitan di akun Twitter-nya.

Bukan hanya Pompeo, melansir CNA, para anggota parlemen AS termasuk dari Partai Demokrat juga mengkritik penangkapan Lai.

Anggota DPR dari Partai Demokrat, Jim McGovern sudah mengeluarkan kecaman penangkapan Lai dan putranya saat polisi menggerebek kantor media yang ia dirikan.

Sementara Washington mengkritik habis-habisan, Beijing justru memuji penangkapan Lai yang selama ini adalah dikenal sebagai anti-China dan kerap memicu kerusuhan.

Lai merupakan seorang pengusaha sekaligus kritikus ternama di Hong Kong. Ia ditangkap karena diduga telah berkolusi dengan pihak asing dan mendukung protes anti-pemerintah di Hong Kong pada tahun lalu.

Sebelumnya, pada Februari, Lai sempai didakwa dengan tuduhan memicu intimidasi. Namun ia berhasil keluar setelah memberikan jaminan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA