Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Balas Kiriman Balon Peledak Hamas, Israel Serang Jalur Gaza

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 12 Agustus 2020, 15:54 WIB
Balas Kiriman Balon Peledak Hamas, Israel Serang Jalur Gaza
Israel bombardir situs Hamas di Jalur Gaza/Net
rmol news logo Ketegangan antara kelompok Hamas dan Israel semakin intens dalam beberapa hari terakhir. Keduanya melakukan serangan menghancurkan satu sama lain.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Terbaru, militer Israel pada Rabu (12/8) mengaku sudah melakukan serangan pada malam hari terhadap beberapa situs milik Hamas di Jalur Gaza. Serangan tersebut balasan atas balon pembakar yang dikirim kelompok tersebut melewati perbatasan.

Dilaporkan Arab News, jet, helikopter serang, dan tank milik Israel menyerang situs-situs milik Hamas, termasuk infrastruktur bawah tanah dan pos pengamatan.

Sementara itu, menurut dinas pemadam kebakaran Israel di bagian selatan, balon-balon yang dikirim oleh Hamas sangat berbahaya, bahkan sudah memicu 60 kebakaran untuk Selasa (11/8).

Meski begitu, tidak ada korban yang dilaporkan akibat aksi tersebut.

Pada 2018, Hamas juga melakukan aksi serupa, yaitu mengikatkan bahan peledak ke balon dan layang-layang yang dikirim ke perbatasan setiap harinya.

Selain melakukan serangan balasan, Israel juga sudah menutup penyebrangan barang Kerem Shalom dengan Jalur Gaza yang membuat Hamas geram.

Walau begitu, ketika penyeberangan Kerem Shalom ditutup, penyeberangan Rafah antara Gaza dan Mesir dibuka pada Selasa untuk pertama kalinya sejak April.

Lalu lintas di kedua arah diizinkan selama tiga hari, memungkinkan warga Gaza meninggalkan daerah kantong untuk pertama kalinya sejak dimulainya pandemik.

Penyeberangan Rafah memberikan satu-satunya akses bagi Gaza ke dunia luar yang tidak dikendalikan oleh Israel.

Wilayah Palestina telah berada di bawah blokade Israel sejak 2007. Kemudian, sejak 2008, Hamas dan Israel telah berperang tiga kali. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA