Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Yaman Mansour Hadi Terbang ke AS Untuk Cek Kesehatan Jantung

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 13 Agustus 2020, 07:37 WIB
Presiden Yaman  Mansour Hadi Terbang ke AS Untuk Cek Kesehatan Jantung
Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi/Net
rmol news logo Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi dikabarkan telah terbang ke Amerika Serikat untuk melakukan perawatan medis Rabu pagi (12/8) waktu setempat.

Kepala pemerintah negara yang diakui secara internasional itu kini tinggal di pengasingan di Riyadh sejak kelompok Houthi yang berpihak pada Iran merebut ibu kota Yaman Sanaa pada tahun 2015. Hadi telah melakukan perawatan karena penyakit jantung sejak 2011.

“Dia akan kembali dalam seminggu,” kata sebuah sumber yang mengetahui keberangkatan hadi, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (12/8).

Sejauh ini Hadi telah melakukan beberapa kali perjalanan ke AS dalam rangka pemeriksaan kesehatan dan perawatannya, terakhir pada bulan Juni 2019.

"Perjalanan itu tidak akan menunda perundingan antara pemerintahan Hadi dan separatis Dewan Transisi Selatan (STC) tentang pembentukan pemerintahan baru," ungkap sumber itu.

Yaman telah dilanda kekerasan dan ketidakstabilan sejak 2014, ketika pemberontak Houthi menguasai sebagian besar negara, termasuk ibu kota Sanaa. Koalisi pimpinan Saudi yang bertujuan memulihkan pemerintah Yaman telah memperburuk situasi. Hal itu menyebabkan krisis kemanusiaan terburuk di dunia, dan Yaman berada di ambang bencana kelaparan.

Krisis pangan di Yaman diprediksi bakal meningkat tajam dalam enam bulan ke depan. Hal itu disebabkan oleh penurunan kegiatan ekonomi akibat pandemik virus corona yang berkepanjangan. Badan-badan internasional di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah memperingatkan Yaman. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA