Tiga Tewas Dalam Kecelakaan Kereta ScotRail, Ratu Elizabeth II Sampaikan Duka Cita Dan Doa Bersama

Kendaraan penyelamat di sepanjang rel dekat lokasi kereta penumpang yang tergelincir dekat Carmont Stonehaven 12 Agustus 2020/Net

Duka menyelimuti dunia transportasi Inggris setelah sebuah kereta penumpang ScotRail mengalami kecelakaan akibat tergelincir di timur Skotlandia pada Rabu (12/8) waktu setempat, Perdana Menteri Skotlandia Nicola Sturgeon menyebutnya sebagai insiden yang sangat serius.

Dalam insiden itu, tiga orang tewas. Mereka adalah pengemudi, kondektur, dan seorang penumpang. Enam orang terluka dilarikan ke rumah sakit.

"Ini adalah insiden yang sangat serius. Saya sudah mendapat laporan awal dari Network Rail dan layanan darurat dan terus diperbarui. Semua pikiran saya tertuju pada mereka yang terlibat,” ujar Sturgeon, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (12/8).

Ratu Elizabeth II yang mendengar peristiwa kecelakaan itu segera menyampaikan duka citanya.  Bersama seluruh Keluarga Kerajaan, Ratu Elizabeth pun menyerukan doa bersama untuk para korban.

"Dengan sangat sedih saya mendengar tentang kecelakaan kereta yang tergelincir. Bergabunglah dengan saya dalam mengirimkan doa untuk keluarga mereka yang meninggal dan yang terluka," ujar Ratu, dikutip dari BBC.

Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan dirinya merasa sedih atas apa yang terjadi di Aberdeenshire dan pikirannya tertuju pada semua yang menjadi korban kecelakaan itu.

Asap gelap mengepul dari area hutan di dasar lembah sempit dekat Stonehaven, tepat di sebelah selatan kota Aberdeen, setelah kereta ScotRail tergelincir di pagi hari setelah hujan lebat semalaman. Dua ambulans udara dan sekitar 30 kendaraan dinas darurat dapat dilihat di lapangan tepat di atas lokasi kejadian, yang tampaknya sulit diakses.

Polisi menerima laporan tentang kereta yang tergelincir di dekat Stonehaven, 15 km (9 mil) selatan Aberdeen, pada Rabu pagi (12/8) sekitar pukul 09.40 waktu setempat.

BBC melaporkan bahwa kereta itu terdiri dari dua lokomotif, satu di depan dan satu di belakang, dan empat gerbong penumpang. Dikatakan lokomotif depan dan tiga gerbong keluar lintasan dan tertahan di tanggul sungai.

Dilaporkan dalam beberapa hari terakhir Stonehaven dan daerah sekitarnya telah dilanda banjir, beberapa laporan menunjukkan tanah longsor mungkin menjadi penyebab dalam insiden tersebut, meskipun itu tidak dikonfirmasi oleh pihak berwenang.

"Layanan darurat saat ini hadir dan insiden itu sedang berlangsung," kata juru bicara Kepolisian Skotlandia.

Menurut data Eurostat, dalam beberapa tahun terakhir ini Inggris memiliki salah satu tingkat kecelakaan kereta api fatal terendah di Eropa, dengan catatan keselamatan yang lebih kuat daripada Jerman atau Prancis.

Data tersebut juga mencatat tingkat kepuasan yang cukup tinggi dari pengguna transportasi kereta api Eropa. Para pengguna jasa menilai transportasi tersebut sangat aman dengan hanya 13 kematian penumpang kereta api di 28 negara anggota Uni Eropa pada tahun 2018. Salah satunya di Inggris.
Satu-satunya insiden kereta api terburuk di Inggris dalam beberapa dekade terakhir adalah tabrakan tahun 1999 antara dua kereta di Ladbroke Grove, di London, di mana 31 orang tewas, serta kecelakaan tahun 2001 di dekat Selby di Yorkshire, timur laut Inggris, di mana 10 orang tewas setelah sebuah mobil menerobos perlintasan dan ditabrak oleh dua kereta.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

BREAKING NEWS: Pasar Cepogo Boyolali Terbakar

Kamis, 17 September 2020
Video

Menguji Erick Thohir dan Jokowi, Kejanggalan Pertamina Gamblang Diurai Ahok

Jumat, 18 September 2020

Artikel Lainnya

Gelar Upacara Rahasia, Alexander Lukashenko Dilantik Jadi Presiden Belarusia
Dunia

Gelar Upacara Rahasia, Alexa..

23 September 2020 18:49
Muhyiddin: Sebelum Pernyataan Anwar Ibrahim Terbukti, Saya PM Malaysia Yang Sah
Dunia

Muhyiddin: Sebelum Pernyataa..

23 September 2020 18:30
Renegosiasi Proyek KF-X/IF-X, Pejabat Korsel Terbang Ke Jakarta
Dunia

Renegosiasi Proyek KF-X/IF-X..

23 September 2020 18:12
Mahathir Mohamad: Dana Pemilu Sabah Lebih Baik Digunakan Untuk Tangani Wabah Covid-19
Dunia

Mahathir Mohamad: Dana Pemil..

23 September 2020 17:44
Anwar Ibrahim Berkoar-koar Bentuk Pemerintahan Baru, Muhyiddin Yassin Masih Adem Ayem
Dunia

Anwar Ibrahim Berkoar-koar B..

23 September 2020 16:52
Mahathir Mohamad: Bukan Kali Pertama Anwar Ibrahim Ingin
Dunia

Mahathir Mohamad: Bukan Kali..

23 September 2020 16:28
Di Sidang PBB Rouhani Kecam AS: Hidup Kami Menjadi Sulit Di Bawah Sanksi, Tapi Lebih Sulit Lagi Jika Tanpa Kemerdekaan
Dunia

Di Sidang PBB Rouhani Kecam ..

23 September 2020 15:28
Wartawan AS Ditemukan Tewas Mencurigakan Dalam Mobil Sewaan Di Turki
Dunia

Wartawan AS Ditemukan Tewas ..

23 September 2020 15:13