Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perpaduan Burung Lac Dan Garuda Jadi Logo 65 Tahun Hubungan Diplomatik Vietnam-Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 13 Agustus 2020, 10:36 WIB
Perpaduan Burung Lac Dan Garuda Jadi Logo 65 Tahun Hubungan Diplomatik Vietnam-Indonesia
rmol news logo Tahun ini, 2020, menjadi tahun spesial bagi Indonesia dan Vietnam karena memperingati 65 tahun hubungan diplomatik kedua negara yang sudah terjalin sejak 30 Desember 1955.

Memperingati hari membahagiakan tersebut, Indonesia dan Vietnam menggelar kompetisi pembuatan logo yang menunjukkan 65 tahun hubungan kedua negara.

Kompetisi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, baik di Vietnam maupun Indonesia, mengenai hubungan diplomatik yang sudah dibina dan dikembangkan kedua negara.

Kompetisi digelar sejak 1 hingga 31 Juli 2020 oleh Kedutaan Besar Vietnam di Jakarta dan KBRI di Hanoi. Totalnya, ada 772 peserta yang mengikuti kompetisi dari kedua negara.

Mengingat latar belakang kompetisi, maka logo diharuskan mencerminkan kemitraan dan kerja sama strategis Vietnam dan Indonesia. Logo harus mengekspresikan gaya desain yang kreatif, canggih, khusyuk, dan modern dengan warna dan bentuk yang jelas dan harmonis, yang sangat estetis, khas Vietnam dan Indonesia.

"Berkaitan dengan hal tersebut, Kedutaan Besar Vietnam di Jakarta dan KBRI Hanoi bersama-sama mengumumkan bahwa logo rancangan Bapak Tran Hoai Duc dari Vietnam terpilih sebagai pemenang kompetisi," demikian bunyi pernyataan bersama kedua kedutaan pada Kamis (13/8).

"Pemenang akan mendapatkan hadiah sebesar 500 dolar AS (atau setara dengan Rp 7,5 juta)," sambungnya.

Menurut pernyataan tersebut, logo milik Tran Hoai Duc sangat memenuhi kriteria dan memiliki filosofi yang dalam. Desainnya menggambarkan kombinasi inovatif dari dua burung legendaris: burung Lac dari Vietnam dan Garuda dari Indonesia.

Burung-burung itu merupakan simbol dari sejarah panjang dan aspirasi perdamaian dan kemakmuran kedua bangsa. Angka 65 dibuat seperti sayap kedua burung yang membumbung tinggi, bersama-sama terbang ke depan.

Ciri menarik lain dari logo pemenang adalah aspek bendera Vietnam dan Indonesia yang melambangkan harapan, kehangatan, keikhlasan, dan energi dalam hubungan bilateral kedua negara.

"Corak logo pemenang juga halus, harmonis dan aktif, mewakili persahabatan antara Vietnam dan Indonesia, yang berkembang dari waktu ke waktu dan mengarah pada tujuan bersama yaitu perdamaian, harmoni, dan kemakmuran bersama," tambah pernyataan dua kedutaan.

Logo pemenang sendiri akan digunakan oleh para perwakilan Vietnam dan Indonesia sebagai identitas resmi untuk perayaan 65 tahun hubungan diplomatik kedua negara dan semua acara resmi pada 2020.

Selain itu, dua kedutaan juga memilih empat desain logo lain yang akan mendapatkan hadiah hiburan sebesar 100 dolar AS atau setara dengan Rp 1,5 juta.

Nantinya, empat pemenang hadiah hiburan akan diumumkan selama Upacara Pemberian Penghargaan yang digelar secara virtual di Kedautaan Besar Vietnam di Jakarta pada Rabu (19/8) pukul 09.30 hingga 11.30 WIB.

Untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, Anda bisa mendaftarkan diri melalui http://bit.ly/3kCR9Rv atau https://vnembassy-jakarta.mofa.gov.vn. Akun akses akan diberikan kepada peserta melalui email terdaftar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA