Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Tuding Iran Sudah Rebut Dan Sita Kapal Tanker Berbendera Liberia Di Perairan Internasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 13 Agustus 2020, 19:51 WIB
AS Tuding Iran Sudah Rebut Dan Sita Kapal Tanker Berbendera Liberia Di Perairan Internasional
Tangkapan video hitam putih yang dirilis oleh CENTCOM/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) menuding Iran telah merebut dan menyita sebuah kapal tanker berbendera Liberia di dekat Selat Hormuz, Teluk Persia pada Rabu (12/8).

Sehari kemudian, Kamis (13/8), Komando Pusat AS (CENTCOM) merilis sebuah video hitam putih yang menunjukkan sebuah pasukan khusus turun dari helikopter dan menaiki kapal bernama MV Wila.

"Hari ini di perairan internasional, pasukan Iran, termasuk dua kapal dan sebuah helikopter Sea King, menyusul dan menaiki kapal yang disebut 'Wila'," ujar CENTCOM dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Anadolu Agency.

Jurnalis militer AS, Howard Altman, mengatakan, video tersebut diambil dari kapal perang AS sekitar lima kilometer jauhnya/

Dari situs pelacakan kapal Refinitiv, posisi terakhir kapal tampaknya berada di lepas pantai timur Uni Emirat Arab (UEA), dekat kota Khor Fakkan.

Hingga saat ini belum ada komentar dari pihak berwenang Iran.

Namun kantor berita Fars menyebut, insiden tersebut terjadi kurang dari sepekan setelah sebuah kapal tanker minyak Iran disita oleh otoritas Pakistan di Pelabuhan Karchi atas permintaan AS.

Senator Pakistan, Rehman Malik mengatakan, kapal tanker minyak Iran diawasi oleh sebuah organisasi AS dan mereka meminta pihak berwenang Pakistan untuk menyita kapal tersebut.

Walau begitu, otoritas Iran mengaku belum mendapatkan pemberitahuan mengenai masalah tersebut dari Pakistan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA