Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kim Jong Un Cabut Lockdown Kota Kaesong

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 14 Agustus 2020, 09:27 WIB
Kim Jong Un Cabut <i>Lockdown</i> Kota Kaesong
Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un/Net
rmol news logo Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un telah mencabut lockdown atau kuncian selama tiga pekan di kota perbatasan Kaesong.

Keputusan tersebut diambil dalam pertemuan politbiro untuk membahas upaya penanganan banjir dan mencegah wabah Covid-19, seperti yang dilaporkan KCNA pada Jumat (14/8).

Dari pernyataan Kim yang dikutip dari media pemerintah tersebut, langkah-langkah pencegahan virus corona sudah berhasil menstabilkan risiko di Kaesong.

Meski kuncian di dalam negeri dikurangi, Kim menegaskan, kontrol di perbatasan harus tetap diperketat, masyarakat juga tidak boleh menerima bantuan eksternal terkait banjir.

"Situasi, di mana penyebaran virus ganas di seluruh dunia menjadi lebih buruk, mengharuskan kami untuk tidak mengizinkan bantuan dari luar untuk penanganan banjir," ujar Kim sembari mengatakan pihaknya akan menutup perbatasan dengan lebih ketat sebagai langkah anti-epidemi.

Saat ini, beberapa provinsi di Korea mengalami banjir yang diakibatkan oleh hujan lebat selama beberapa pekan terakhir.

Dari laporan KCNA, banjir telah merendam dan merusak sekitar 16.680 rumah, 630 bangunan umum, jalan, jembatan, rel kereta api, hingga lahan pertanian.

Pekan lalu, Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) mengatakan akan mengirim lebih dari 43 ribu sukarelawan ke Korea Utara untuk membantu menanganai wabah Covid-19 dan bencana banjir.

Kendati begitu, tidak ada laporan lebih lanjut mengenai pengiriman sukarelawan tersebut.

Di sisi lain, pemberlakuan kuncian di Kaesong dilakukan pada pekan lalu, setelah seorang pria yang membelot ke Korea Selatan kembali dengan menunjukkan gejala virus corona.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), hasil tes Covid-19 pada pria tersebut tidak meyakinkan.

Sejauh ini, Korea Utara belum mengonfirmasi satu pun infeksi virus corona di negaranya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA