Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Inggris Amankan 60 Juta Dosis Kandidat Vaksin Covid-19 Buatan Novavax

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 14 Agustus 2020, 12:42 WIB
Inggris Amankan 60 Juta Dosis Kandidat Vaksin Covid-19 Buatan Novavax
Ilustrasi vaksin Covid-19/Net
rmol news logo Perusahaan obat Amerika Serikat (AS), Novavax Inc mengaku Inggris akan membeli 60 juta dosis kandidat vaksin Covid-19 buatannya yang bernama NVX-CoV2373.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Jumat (14/8), Novavax mengatakan, pihaknya dan pemerintah Inggris juga akan bekerja sama untuk melakukan uji klinis fase 3 kandidat vaksin tersebut.

Nantinya, uji klinis akan dilakukan pada sekitar 9.000 orang dewasa berusia antara 18 hingga 85 tahun, mengutip Reuters.

Dalam kerja sama uji klinis ini, Novavax akan bermitra dengan Fujifilm Diosynth Biotechnologies untuk memproduksi komponen antigen dari kandidat vaksin Covid-19 di Inggris.

Uji klinis sendiri baru akan dimulai pada kuartal ketiga tahun ini. Di mana nantinya, Novavax akan memasok dosis NVX-CoV2373 ke Inggris mulai kuartal pertama 2020.

Dengan kerja sama tersebut, situs Fujifilm Diosynth Biotechnologies mengungkap, Inggris berharap bisa menghasilkan 180 juta dosis vaksin Covid-19 setiap tahunnya.

Selain dengan Inggris, Novavax juga bersiap untuk mengirim 100 juta dosis vaksin ke AS pada Januari setelah mendapatkan 1,6 miliar dolar AS dari pemerintah untuk melakukan pengujian dan pengembangan NVX-CoV2373.

Sejauh ini, Novavax sudah menerima 2 miliar dolar AS untuk pengembangan vaksin Covid-19, termasuk 384 juta dolar AS dari Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI).

Hingga saat ini, belum ada vaksin yang telah disetujui sebagai anti Covid-19.

Namun, sudah ada 25 kandidat vaksin yang sedang dalam tahap uji klinis pada manusia.

Dari uji coba tahap pertama, kandidat vaksin Novavax, NVX-CoV2373, menghasilkan tingkat antibodi yang lebih tinggi pada sukarelawan sehat dibandingkan pasien Covid-19 yang sembuh.

Sementara itu, AS dan Inggris sebagai negara paling terdampak Covid-19 gerak cepat mendapatkan kesepakatan untuk mendapatkan pasokan vaksin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA